KECENDERUNGAN IMPULSIVE BUYING DITINJAU DARI PEMAHAMAN ZUHUD PADA FANDOM BTS ARMY DI BANDAR LAMPUNG

ADE, ALFIRA YUNIAR (2023) KECENDERUNGAN IMPULSIVE BUYING DITINJAU DARI PEMAHAMAN ZUHUD PADA FANDOM BTS ARMY DI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK KECENDERUNGAN IMPULSIVE BUYING DITINJAU DARI PEMAHAMAN ZUHUD PADA FANDOM BTS ARMY DI BANDAR LAMPUNG Oleh: Ade Alfira Yuniar Impulsive buying adalah pembelian irasional dengan dorongan emosional terdapat perasaan mendalam dalam diri yang tercermin dalam pembelian, karena ada keinginan untuk segera membeli produk tersebut. Islam mengajarkan untuk tidak berlebihan dan bermewah�mewahan, zuhud merupakan sikap tidak tergantung pada sesuatu hal yang bersifat duniawi atau tidak tergantung pada materi dan harta. Sikap zuhud terhadap dunia menjadikan dunia sebagai jalan untuk menuju kepada Allah SWT. Zuhud berperan untuk menumbuhkan spiritualitas manusia mampu lebih mengenal Tuhannya, agar menjauhkan diri dari kecintaan yang berlebihan terhadap materi sehingga lupa dengan apa yang dibutuhkan diri sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan pemahaman zuhud terhadap impulsive buying pada Fandom BTS ARMY di Bandar Lampung, yang melibatkan 137 orang Fandom BTS ARMY. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan 2 skala, yaitu impulsive buying sebanyak 20 aitem (α = 0.905) dan skala zuhud sebanyak 31 item (α = 937). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dengan bantuan software SPSS 29.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan negatif signifikan antara pemahaman zuhud dengan kecenderungan impulsive buying, dengan koefisien r = -0,372 p=0,01 (p<0,05), Sumbangan efektif 22,3%. Sisanya 77,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan semakin tinggi pemahaman zuhud maka semakin rendah kecenderungan impulsive buying. Sebaliknya, semakin rendah pemahaman zuhud maka semakin tinggi kecenderungan impulsive buying. Kata Kunci: Impulsive Buying, zuhud, Fandom BTS ARMY

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jul 2023 08:03
Last Modified: 31 Jul 2023 08:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29190

Actions (login required)

View Item View Item