HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 7 MARGA PUNDUH

Reni, Wijayani (2023) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 7 MARGA PUNDUH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RENI WIJAYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 7 MARGA PUNDUH Salah satu faktor rendahnya hasil belajar adalah kurangnya kemandirian belajar peserta didik yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian dengan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 7 Marga punduh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Random Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 7 Marga Punduh dengan sampel penelitian yang berjumlah 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen angket, tes, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah 24 soal angket dan hasil tes penilaian akhir tahun yang telah diberikan oleh Wali Kelas. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis korelasi product moment dan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji lineritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar peserta didik sebesar 0,790 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Kata kunci: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar iv ABSTRACT THE RELATIONSHIP BETWEEN LEARNING INDEPENDENCE WITH LEARNING OUTCOMES OF CLASS V STUDENTS AT STATE ELEMENTARY SCHOOL 7 MARGA PUNDUH One of the factors for low learning outcomes is the lack of independent learning of students which results in low learning outcomes of students. This study aims to determine the relationship between independence and learning outcomes of fifth grade students at SDN 7 Marga Punduh. This research is a quantitative research with correlation method. Sampling was done by using Random Sampling. The population in this study were fifth grade students at SDN 7 Marga Punduh with a sample of 15 students. The data collection technique used in this study was by using questionnaires, tests, and documentation. The instrument used was 24 questionnaires and the results of the year-end assessment test that had been given by the homeroom teacher. The data analysis technique used the product moment correlation hypothesis test and the prerequisite test used the normality test and linearity test. The results showed that there was a positive and significant relationship between learning independence and student learning outcomes of 0.790 with a significance value of 0.000 <0.05. Keywords: Independent Learning, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:52
Last Modified: 31 Jul 2023 07:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29189

Actions (login required)

View Item View Item