PERAN TOKOH ADAT LAMPUNG SAIBATIN SEBAGAI KONTROL KEHIDUPAN MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI PEKON KENALI KECAMATAN BELALAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT

Feby, Juliandra Putri (2023) PERAN TOKOH ADAT LAMPUNG SAIBATIN SEBAGAI KONTROL KEHIDUPAN MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI PEKON KENALI KECAMATAN BELALAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FEBY JULIANDRA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Masyarakat multikultural merupakan massyarakat yang terdiri dari berbagai suku bangsa. Pekon Kenali merupakan lingkungan yang memiliki masyarakat dengan berbagai suku seperti suku Lampung, suku Sunda, suku Jawa, suku Batak dan juga suku Padang. Adanya berbagai suku dalam satu lingkungan tidak menutup kemungkinan akan terjadi berbagai kemungkinan terjadi sebagai akibat dari perbedaan suku. Oleh sebab itu diperlukannya peran tokoh adat sebagai kontrol sosial di lingkungan Pekon Kenali. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kehidupan masyarakat multikultural di Pekon Kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat? dan Bagaimana peran tokoh adat Lampung Saibatin sebagai pengontrol kehidupan masyarakat multikultural di Pekon Kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang akan dilakukan ini berupa penelitian lapangan (Field Research) dengan sifat penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dalam melakukan wawancara peneliti menggunakan 3 jenis informan yaitu informan kunci terdiri dari 1 orang, informan utama terdiri dari 2 orang dan informan pendukung terdiri dari 7 orang. Analisis yang digunakan yaitu menggunakan cara berfikir induktif yaikni berangkat dari sebuah fakta atau peristiwa yang kongkrit dengan langkah-langkah: reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menemukan bahwa Peran tokoh Adat Lampung Saibatin sebagai pengontrol kehidupan masyarakat multikultural di Pekon Kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat dilakukan dengan kasih sayang, tanggung jawab serta keterlibatan atau partisipasi. Agar seorang tokoh Adat dapat mengendalikan pribadi masyarakat multikultural dengan kontrol sosial dapat meminimalisir pemicu terjadinya hal-hal yang bersifat negatif dan memecahkan dilingkungan Pekon Kenali. Kemudian Kehidupan masyarakat multikultural di Pekon Kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat dapat berlangsung dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan melakukan adaptasi masyarakat multikultural dapat sikap saling menghargai dan menghormati satu sama lain, masyarakat multikultural di lingkungan Pekon Kenali mencapai tujuannya yaitu menciptakan kerukunan bermasyarakat dengan tidak mengedepankan perbedaan antar suku, masyarakat di Pekon Kenali menjunjung tinggi nilai-nilai integrasi sosial demi menjauhi konflik. Aktivitas gotong-royong yang terdapat di Pekon Kenali masih sangat kental, ktivitas gotong royong dilaksanakan dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri dan Idul Adha bersih�bersih dilakukan di lingkungan masjid, mushholla dan juga lingkungan sekitar rumah dengan dilakukan bersama-sama tanpa pandang perbedaan suku. Kata Kunci: Tokoh Adat, Kontrol Sosial, Masyarakat Multikultural.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:46
Last Modified: 31 Jul 2023 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29188

Actions (login required)

View Item View Item