PENGARUH UI GREENMETRIC WORLD UNIVERSITY RANKING TERHADAP TERCIPTANYA GREEN LIBRARY DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

Siti, Mutmainah (2023) PENGARUH UI GREENMETRIC WORLD UNIVERSITY RANKING TERHADAP TERCIPTANYA GREEN LIBRARY DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI MUTMAINAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK UI GreenMetric World University Ranking adalah peringkat universitas dunia untuk menilai dan membandingkan upaya keberlanjutan kampus yang diluncurkan oleh Universitas Indonesia pada tahun 2010. UI GreenMetric World University Ranking mempunyai enam kriteria penilaian yaitu setting and infrastructure, energy and climate change, waste, water, transportation, education and research. Sedangkan green library adalah bentuk konsep perpustakaan yang lebih mengutamakan pada asas manfaat, estetika, dan fungsi dari sebuah perpustakaan itu sendiri. Green library membahas masalah pemanfaatan space di area perpustakaan baik di dalam gedung maupun di luar bangunan. Konsep green library tidak hanya melakukan penghijauan di area sekitar perpustakaan, tetapi juga menerapkan sistem yang ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pengaruh UI GreenMetric World University Ranking terhadap terciptanya green library di UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dengan pengambilan 20 sampel. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan random sampling, adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket atau kuesioner dan didukung melalui wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Pada penelitian ini peneliti terdapat dua variabel yaitu dapat dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS versi 22 for computer. Dalam pengolahan data penelitian penulis menggunakan tabel frekuensi. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa pengaruh UI GreenMetric World University Ranking terhadap terciptanya green library sangat berpengaruh secara signifikan, hal ini terbukti dengan diperoleh 3,633 pada penataan dan infrastruktur, 3,55 pada energi dan perubahan iklim, 2,825 pada sampah, 3,225 pada air, 3,1 pada transportasi, 3,55 pada pendidikan dan penelitian. Adapun hasil dari green library yang terbukti dengan diperoleh 3,35 pada tepat guna lahan, 3,6 pada efisiensi dan konservasi energi, 3,35 pada konservasi air, 3,3 pada kesehatan dan kenyamanan dalam ruang, dan 3,4 pada manajemen lingkungan bangunan. Dengan demikian penelitian ini dikemukakan bahwa UI GreenMetric World University Ranking sangat berpengaruh terhadap terciptanya green library di UIN Raden Intan Lampung. Kata Kunci: UI GreenMetric World University Ranking, green library.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Divisions: Fakultas Adab > Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:19
Last Modified: 31 Jul 2023 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29185

Actions (login required)

View Item View Item