PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTU KARTU SOAL TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Aprilia, Ellen (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTU KARTU SOAL TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1.pdf] PDF
Download (10MB)

Abstract

Selfefficacy merupakan persepsi individu akan keyakinan kemampuannya melakukan tindakan yang diharapkan.Sedangkan pemecahan masalah adalah suatu proses terencana yang perlu dilaksanakan agar memperoleh penyelesaian tertentu dari sebuah masalah yang mungkin tidak didapat dengan segera. Hal yang terjadi pada penelitian ini, guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, masih banyak siswa yang belum aktif saat pembelajaran, kurangnya keyakinan diri dan rendahnya kemampuan pemecahan masalah yang dimilikisiswa.Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran treffinger berbantu kartu soal.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran treffinger berbantu kartu soal terhadap self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitiandilaksanakandi MTs Negeri 1 Bandar Lampung, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan carapurposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimendanVII Asebagaikelaskontrol. Uji validitas item tes instrumen menggunakan rumus product moment.Reliabilitas instrumen tes dengan menggunakan rumus Alpha dari Cronbach. Hasil analisis mengenai instrumen menunjukan instrumen penelitian valid dan reliabel. Uji prasyarat analisis variansi yang dilakukan adalah uji lilieforsuntuk mengetahui normalitas dan uji Bartlett untuk mengetahui homogenitas, selanjutnyauntuk pengujian hipotesisdigunakan uji-tdan uji analisis variansi satu jalan dengan sesama. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji-dan uji analisis variansi satu jalan sesame dapat disimpulkan bahwa self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran RADEN INTAN LAMPUNG treffinger berbantu kartu soal lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 10 Jan 2018 02:04
Last Modified: 10 Jan 2018 02:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2918

Actions (login required)

View Item View Item