EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITAS DALAM MENGURANGI TINGKAT INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

Latifah, Puji Astuti (2023) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITAS DALAM MENGURANGI TINGKAT INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK LATIFAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami tingginya tingkat intensitas penggunaan media sosial TikTok yang terjadi di SMK Negeri 1 Bandar Lampung, yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan realitas dalam mengurangi tingkat intensitas penggunaan media sosial TikTok pada peserta didik di SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Peneliti menggunakan jenis pendekatan Kuantitatif pre Experimen dengan menggunakan desain one grup pre test post test desain. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu konseling kelompok dengan pendekatan konseling realitas, serta variabel terikat yaitu Tingkat intensitas penggunaan media sosial TikTok pada peserta ddik, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Bandar Lampung, populasi dalam penelitian ini berjumlah 26 peserta didik, dengan sampel berjumlah 10 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner serta dalam analisis data menggunakan beberapa tahap yaitu. Uji validitas, uji reabilitas, dan uji wilcoxon signed rank dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada tingkat intensitas penggunaan media sosial TikTok peserta didik dengan menggunakan konseling kelompok dengan pendekatan realitas. Berdasarkan hasil post test peserta didik dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon signed rank. Pada analisis wilcoxon signed rank dengan hasil 0,055 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Artinya adalah ada perubahan antara skor pre test dan post test, sehingga dapat disimpulkan konseling kelompok dengan pendekatan realitas terdapat pengurangan terhadap tingkat intensitas penggunaan media sosial TikTok pada peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Pendekatan Realitas, Intensitas, Media Sosial TikTok iii ABSTRACT The background of this research is that there are students who experience a high level of intensity of using social media TikTok that occurs at SMK Negeri 1 Bandar Lampung, which aims to determine the effectiveness of group counseling with a reality approach to reduce the level of intensity of social media use of TikTok in class X students of Tata Busana. at SMK Negeri 1 Bandar Lampung. The researcher used a quantitative pre-experimental approach using a one-group pre-test post-test design. The variables of this study consisted of the independent variables, namely group counseling with the reality counseling approach, and the dependent variable, namely the level of intensity of the use of social media TikTok among the participants, the subjects of this study were students of Class X Fashion Design at SMK Negeri 1 Bandar Lampung, the population in this study consisted of 26 participants. students, with a sample of 10 students. The instrument used in this study was a questionnaire/questionnaire as well as in data analysis using several stages namely. Validity test, reliability test, and Wilcoxon signed rank test using IBM SPSS version 25 tool. The results of the study showed that there was a significant effect on the level of intensity of students' use of social media TikTok by using group counseling with a reality approach. Based on the post test results, the students were analyzed using the Wilcoxon signed rank test. In the Wilcoxon signed rank analysis with a result of 0.055 which is less than 0.05, it can be concluded that Ha is accepted. This means that there is a difference between the pre-test and post-test, so that it can be concluded that group counseling with the reality approach has decreased the level of intensity of using social media TikTok in class X students of SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Keywords : Group Counseling, Reality Approach, Intensity Use of TikTok Social Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:41
Last Modified: 31 Jul 2023 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29179

Actions (login required)

View Item View Item