PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

ANGGRIA, BINTARA PUTRI (2023) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi_Anggria Bintara Putri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kedisiplinan tata tertib di sekolah adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian prilaku yang menunjukan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Fenomena yang terjadi di kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung yaitu memiliki perilaku disiplin yang rendah dalam mentaati tata tertib. Hal itu dibuktikan dari hasil observasi, wawancara dan hasil dokumentasi yang kemudian diperkuat dengan peta siswa yang mana pada peta siswa. Maka dari itu perlu upaya untuk meningkatkan perilaku disiplin peserta didik dalam mematuhi tata tertib dengan menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik self-management. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami gambaran tentang permasalahan kedisiplinan peserta didik di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung , Untuk mengetahui dan memahami pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan kedisiplinan Peserta didik kelas XI SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung dan untuk mengetahui dan memahami evaluasi layanan konseling kelompok dengan teknik self�management Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori layanan konseling kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu untuk menggambarkan pelaksanaan layanan konseling kelompok di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan trianggulasi sumber dimana peneliti menggunakan sumber data berbeda untuk mengumpulkan data sejenis menggunakan Teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun temuan penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti mengetahui latar belakang terjadinya ketidak disiplinan peserta didik disekolah , hal ini di pengaruhi oleh banyak hal diantaranya karena kurangnya kesadaran peserta didik tentang kedisiplinan dan tidak bisa memanajemen waktu dengan baik ,contohnya seperti bangun kesiangan sehingga mengakibatkan peserta didik tersebut datang terlambat bahkan sampai lupa tidak menggunakan atribut sekolah dengan lengkap karena berangkat dengan tergesa gesa. Hasil analisis iii menunjukkan bahwa terdapat 6 peserta didik yang paling banyak melakukan pelanggaran kedisiplinan, lalu guru Bimbingan dan konseling melakukan layanan konseling kelompok dengan teknik self�management untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik, kemudian setelah dilakukanya layanan konseling kelompok dengan teknik self-management tersebut peserta didik mengalami peningkatan kedisiplinan. Kata Kunci : Kedisiplinan , Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Management iv ABSTRACT Discipline and discipline in schools is a condition that is created and formed through a process of a series of behaviors that show the values of obedience, obedience, loyalty, order and behavior. The phenomenon that occurs in class XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung is having low disciplinary behavior in the rules of conduct. This is proven from the results of observations, interviews and documentation results which are then reinforced by which student maps are on the student maps. Therefore, efforts are needed to improve the disciplined behavior of students in complying with the rules by using group counseling services with self-management techniques. The purpose of this study was to find out and understand the description of the disciplinary problems of students at SMA Al�Azhar 3 Bandar Lampung, to know and understand the implementation of group counseling services in a self-management way to improve the discipline of class XI students at SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung and to know and understand the evaluation of group counseling services with self-management techniques The theory used in this study is the theory of group counseling services with self-management techniques to improve student discipline. This study uses a qualitative approach. This type of research is a descriptive research that is to describe the application of group counseling services at SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung conducted by Guidance and Counseling teachers to improve student discipline. In this study, researchers used source triangulation where researchers used different data sources to collect similar data using observation, documentation, and interview techniques. The research findings in this study are that researchers know the background of the occurrence of indiscipline in students at school, this is influenced by many things including due to the lack of awareness of students about discipline and not being able to manage time properly, for example such as waking up late so that these students become these students. arriving late and even forgetting not to use school attributes completely because leaving in a hurry. The results of the analysis show that there are 6 students who commit disciplinary violations the most, then the Guidance and Counseling teacher performs group counseling services with self-management techniques to improve student discipline, then performs group v counseling services with self-management techniques, the students experience an increase discipline. Keywords : Discipline, Group Counseling with Self-Management Techniques

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:32
Last Modified: 31 Jul 2023 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29178

Actions (login required)

View Item View Item