PERSEPSI MAHASISWA KPI TERHADAP PESAN DAKWAH DIGITAL PADA AKUN TIKTOK @HAFIIDDDDD (Studi Mahasiswa KPI Angkatan 2018 UIN Raden Intan Lampung)

Elsa, Santika Prawintyas (2023) PERSEPSI MAHASISWA KPI TERHADAP PESAN DAKWAH DIGITAL PADA AKUN TIKTOK @HAFIIDDDDD (Studi Mahasiswa KPI Angkatan 2018 UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Persepsi Mahasiswa KPI terhadap Pesan Dakwah Digital pada Akun TikTok @hafiddddd (Studi Mahasiswa KPI Angkatan 2018 UIN Raden Intan Lampung) Oleh Elsa Santika Prawintyas Dakwah yang selama ini sering kita jumpai di masyarakat, biasanya identik dengan penyampaiannya yang sangat panjang hingga tak jarang membuat bosan para mad’u dalam mendengarkan dakwah. Selain itu, gaya bahasa dan cara menyampaikan dakwahnya pun terkesan monoton dan membosankan. Namun pada era digital ini, banyak da’I yang memanfaatkan media sosial untuk mengajak umat muslim dalam berbuat kebajikan melalui dakwah yang dikemas pada sebuah konten dengan kreativitas yang dimiliki masing-masing da’I tersebut. Salah satunya akun dakwah milenial yang sangat familiar di TikTok adalah akun dengan username @hafiddddd. Konten-konten dakwah yang disuguhkan oleh @hafiddddd ini ternyata di�notice oleh para pengguna TikTok khususnya bagi kalangan muda, karena mulai dari konsep berdakwahnya, gaya bahasanya, pemilihan materinya, dan pengemasan videonya sangat menarik yang akhirnya merubah pandangan orang terhadap dakwah yang dulunya dikenal membosankan menjadi lebih up to date. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teori yang digunakan ialah teori persepsi. Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa KPI angkatan 2018 terhadap pesan dakwah digital yang diunggah oleh akun @hafiiddddd di TikTok Hasil penelitian yang diperoleh yaitu mahasiswa KPI angkatan 2018 mempersepsikan hadirnya akun TikTok @hafiddddd ini telah membuat mahasiswa menjadi gemar dan tertarik dalam mendengarkan dakwah karena penyampaian dakwahnya menggunakan gaya bahasa yang santai sehingga mudah dipahami, materi-materi atau pesan dakwah yang dibawakan relate dengan apa yang terjadi atau apa yang sedang dirasakan oleh anak-anak muda, konsep dakwahnya menarik, serta hadirnya akun ini turut merubah paradigma TikTok dari yang sebelumnya dikenal negatif menjadi aplikasi yang lebih positif dengan konten-konten edukatifnya. Mahasiswa KPI juga menambahkan agar menjadi muslim yang cerdas dengan tetap memperhatikan kesesuaian antara dakwah yang diperoleh terhadap al-Qur’an dan hadits agar tidak mendapatkan ajaran yang menyimpang. Kata Kunci: Persepsi, Mahasiswa, Pesan, Dakwah Digital, TikTok ii Abstract KPI Student Perceptions of Digital Dakwah Messages on the TikTok Account @hafiddddd (Study of KPI Students Class of 2018 UIN Raden Intan Lampung) By Elsa Santika Prawintyas Da'wah which we often encounter in society, is usually synonymous with very long delivery, so that it is not uncommon for mad'u to get bored listening to da'wah. Apart from that, the style of language and the way of conveying his preaching also seem monotonous and boring. However, in this digital era, many preachers use social media to invite Muslims to do good through da'wah packaged in content with the creativity of each da'I. One of the most familiar millennial preaching accounts on TikTok is an account with the username @hafiddddd. The da'wah content presented by @hafiddddd turned out to be noticed by TikTok users, especially for young people, because starting from the concept of preaching, the style of language, the choice of material, and the video packaging were very interesting which ultimately changed people's views on the da'wah that was once known boring to be more up to date. This study uses a type of descriptive qualitative research method with the theory used is the theory of perception. The data collection technique is in the form of interviews, observation, and documentation which aims to find out how the 2018 KPI students perceive digital da'wah messages uploaded by the @hafiiddddd account on TikTok. The research results obtained were KPI students class of 2018 perceived the presence of the @hafiddddd TikTok account had made students become fond of and interested in listening to da'wah because the delivery of da'wah used a relaxed style of language so that it was easy to understand, the da'wah materials or messages delivered were related to what was taught. happening or what young people are feeling, the concept of da'wah is interesting, and the presence of this account has helped change the paradigm of TikTok from what was previously known as negative to a more positive application with educational content. KPI students also added that they should be smart Muslims while still paying attention to the suitability between the preaching obtained from the Qur'an and hadith so as not to get deviant teachings. Keywords: Perceptions, Students, Messages, Digital Da'wa, TikTo

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:06
Last Modified: 31 Jul 2023 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29175

Actions (login required)

View Item View Item