PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERNUANSA ISLAM DAN LINGKUNGAN PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI TINGKAT SMP/MTs KELAS VIII

IRFAYANTI, Iswan (2023) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERNUANSA ISLAM DAN LINGKUNGAN PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI TINGKAT SMP/MTs KELAS VIII. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI IRFAYANTI 1911050095.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan ini dilakukan sebagai inovasi bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika yang memiliki ciri khas nuansa islam dan lingkungan pada materi relasi dan fungsi yang valid, menarik, dan efektif untuk memfasilitasi peserta didik dan pendidik dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi ahli materi, ahli media dan ahli agama, analisis respon peserta didik, dan uji effect size. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A semester 2 MTs Nurul Huda Tanjung Siom dan peserta didik kelas VIII MTs Mathla’ul Anwar Napal. Hasil uji kelayakan dari validator ahli materi yang dilakukan oleh 3 ahli memperoleh nilai rata-rata yaitu 3,56 dengan kriteria “valid”. Hasil uji kelayakan dari validator ahli media yang dilakukan oleh 3 ahli memperoleh nilai rata-rata yaitu 3,41 dengan kriteria “valid”. Hasil uji kelayakan dari validator ahli agama yang dilakukan oleh 1 ahli memperoleh nilai rata-rata yaitu 3,44 dengan kriteria “valid”. Uji kemenarikan pada kelompok kecil dari peserta didik MTs Nurul Huda Tanjung Siom mendapat skor 3,48 dengan kriteria “sangat menarik” dan uji kemenarikan dari peserta didik MTs Mathla’ul Anwar Napal mendapat nilai rata-rata 3,52 dengan kriteria “sangat menarik”. Uji kemenarikan pada kelompok besar dari peserta didik MTs Nurul Huda Tanjung Siom mendapat nilai rata-rata 3,63 dengan kriteria “sangat menarik” dan uji kemenarikan pada kelompok besar dari peserta didik MTs Mathla’ul Anwar Napal mendapat nilai rata�rata 3,59 dengan kriteria “sangat menarik”. Penilaian uji keefektivitasan mendapatkan skor uji effect size sebesar 0,89 dan 0,92 dengan kategori tinggi dan efektif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul matematika bernuansa islam dan lingkungan telah layak, menarik, dan efektif digunakan pada saat pembelajaran materi relasi dan fungsi. Kata Kunci : Modul Pembelajaran Matematika, Nuansa Islam dan Lingkungan, Relasi dan fungsi. iv ABSTRACT This development research is carried out as an innovation of teaching materials in the form of mathematics learning modules that have the characteristics of Islamic nuances and the environment in valid, interesting, and effective relationship and function materials to facilitate students and educators in the learning process. The type of research used is development research using the ADDIE model. The data analysis techniques used are validation analysis of material experts, media and religious experts, analysis of student responses, and effect size tests. The sampling technique used is cluster random sampling. The test subjects in this study were students of grade VIII A semester 2 MTs Nurul Huda Tanjung Siom and students of grade VIII MTs Mathla'ul Anwar Napal. The feasibility test results of material expert validators conducted by 3 experts obtained an average value of 3.56 with the criteria of "valid". The feasibility test results from media expert validators conducted by 3 experts obtained an average score of 3.41 with the criteria of "valid". The results of the feasibility test from religious expert validators conducted by 1 expert obtained an average score of 3.44 with the criteria of "valid". The attractiveness test in a small group of MTs Nurul Huda Tanjung Siom students got a score of 3.48 with the criteria of "very interesting" and the attractiveness test of MTs Mathla'ul Anwar Napal students got an average score of 3.52 with the criteria of "very attractive". The attractiveness test in a large group of MTs Nurul Huda Tanjung Siom students received an average score of 3.63 with the criteria of "very attractive" and the attractiveness test in a large group of MTs Mathla'ul Anwar Napal students received an average score of 3.59 with the criteria of "very attractive". The effectiveness test assessment received an effect size test score of 0.89 and 0.92 with high and effective categories. The results of this study show that mathematics modules with Islamic nuances and the environment have been feasible, interesting, and effectively used when learning relation and function materials. Keywords: Mathematics Learning Module, Islamic Nuances and Environment, Relations and functions

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:47
Last Modified: 31 Jul 2023 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29170

Actions (login required)

View Item View Item