PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS ANDROID UNTUK MENCEGAH DAMPAK NEGATIF GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

ZULFA, MAULIDA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS ANDROID UNTUK MENCEGAH DAMPAK NEGATIF GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ZULFA MAULIDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat saat sekarang ini telah banyak digunakan orang. Salah satu dampak dari kemajuan teknologi. Salah satunya bermain game online secara berlebihan tentu akan berdampak pada pada perilaku peserta didik yang mengarah kepada perilaku penyimpangan sosial. Penelitian ini dilatar belakangi oleh game online yang membuat peserta didik yang belebihan dalam bermain game online yang membuat menurunnya prestasi peserta didik, kurangnya rasa kepedulian terhadap sekitar dan membuat kurang disiplin dalam waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media bimbingan dan konseling berbasis android untuk mencegah dampak negatif game online. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD). model pengembangan mengacu pada model Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh tahap yaitu studi pendahuluan, perencanaan desain, pengembangan desain, uji coba terbatas, revisi hasil uji coba terbatas, uji coba produk secara luas, dan revisi hasil uji coba secara luas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket validasi ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa dan ahli media, angket tanggapan peserta didik dan pendidik. Sampel penelitian ini yaitu 10 peserta didik pada uji coba skala terbatas dan 30 peserta didik pada uji coba skala luas. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif yang memaparkan hasil pengembangan produk media aplikasi berbasis android. Hasil persentase rata-rata ahli materi sebesar 87% , hasil persentase rata-rata ahli bahasa sebesar 92% dan hasil persentase ahli materi sebesar 87% dengan kriteria “Sangat Layak”. Dengan demikian media bimbingan dan konseling aplikasi berbasis android tentang dampak negatif game online layak untuk digunakan. Kata Kunci: Game online, Dampak Negatif, Media Bimbingan dan Konseling, Berbasis Android iii ABSTRACT The rapid advancement of information and communication technology is now widely used by many people. One of the effects of technological progress One of them is playing online games excessively, which will certainly have an impact on the behavior of students and lead to social deviant behavior. This research is motivated by online games that make students overplay, which causes a decrease in student achievement, a lack of concern for their surroundings, and makes them less disciplined over time. The purpose of this study was to determine the development of Android-based guidance and counseling media to prevent the negative effects of online games. The research method used is Research and Development (R&D). The development model refers to the Borg and Gall model, which consists of ten stages: preliminary studies, design planning, design development, limited trials, limited trial results revisions, extensive product trials, and broad trial results revisions. The instruments used in this study were expert validation questionnaires, namely those from material experts, linguists, and media experts, as well as student and educator response questionnaires. The sample for this research is 10 students in the limited-scale trial and 30 students in the large�scale trial. The data analysis technique uses a descriptive technique that describes the results of the development of Android-based application media products. The average percentage of material experts is 87%, the average percentage of linguists is 92%, and the percentage of material experts is 87% with the "Very Eligible" criteria. Thus, the media guidance and counseling applications based on Android about the negative impact of online games are feasible to use. Keywords: Online games, Negative Impact, Guidance and Counseling Media, Based on Android

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:19
Last Modified: 31 Jul 2023 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29167

Actions (login required)

View Item View Item