IMPLEMENTASI PASAL 20 AYAT 4 PERATURAN WALIKOTA BANDAR LAMPUNG N0MOR 21 TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN PASAR DAN PENETAPAN TARIF JASA PENGELOLAAN PASAR MENURUT FIQH SIYASAH (Studi di Pasar Beringin Campang Raya Bandar Lampung)

DWI, SHEHA SAVIRA (2023) IMPLEMENTASI PASAL 20 AYAT 4 PERATURAN WALIKOTA BANDAR LAMPUNG N0MOR 21 TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN PASAR DAN PENETAPAN TARIF JASA PENGELOLAAN PASAR MENURUT FIQH SIYASAH (Studi di Pasar Beringin Campang Raya Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Dwi Sheha Savira.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Keamanan di pasar Beringin Campang Raya Kota Bandar Lampung tercipta karna adanya petugas pasar yang melakukan keamanan setiap hari pada pasar, pihak keamanan tersebut melakukan pengamanan pada pasar karna sebelumnya sudah ada perjanjian tentang pungutan dana keamanan pada pedagang pasar, yang mana terdapat beberapa pihak yakni pihak pertama adalah orang yang membayar pungutan dana (pemilik toko) dan pihak kedua adalah orang yang menerima pungutan dana (Petugas Pasar).Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi penarikan dana keamanan pada para pedagang pasar Beringin Campang Raya Kota Bandar Lampung, dan bagaimana analisis fiqh siyasah terhadap pelaksanaan penarikan dana keamanan pada para pedagang pasar Beringin Campang Raya Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan penarikan dana keamanan pada para pedagang pasar Beringin Campang Raya Kota Bandar Lampung serta untuk mengetahui tinjauan fiqh siyasah terhadap pelaksanaan penarikan dana keamanan pada para pedagang pasar Beringin Campang Raya Kota Bandar Lampung.Penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yaitu metode penelitian yang merupakan salah satu metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penulis nmenggunakan metode random sampling, yakni 10% dari objek penelitian populasi. Metode pengumpulan data primer melalui wawancara dan observasi dan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan metode dokemantasi dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan oleh penulis yaitu kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan dapat disimpulkan bahwa ada ketidak sesuaian dengan aturan Menurut peraturan Walikota Kota Bandar Lampung Nomor 21 Tahun 2018 Pasal 20 ayat 4, menyatakan bahwa jasa ketertiban dan keamanan yang dikenakan kepada penyewa Kios, Petak, Los dan Tanah Lapang atau Hamparan di lokasi pasar yang dipakai secara tidak tetap maka ditetapkan sebesar Rp.2.000,- perharinya namun pada kenyataanya pedagang yang berdagang di pasar Beringin Kota Bandar Lampung dikenakan Rp.3.000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:13
Last Modified: 31 Jul 2023 03:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29166

Actions (login required)

View Item View Item