PENGARUH FENOMENA FLEXING TERHADAP SIKAP INVESTASI MASYARAKAT DENGAN ASPEK PRUDENTIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Generasi Z di Kota Bandar Lampung)

M., ADITYA WIJAYA (2023) PENGARUH FENOMENA FLEXING TERHADAP SIKAP INVESTASI MASYARAKAT DENGAN ASPEK PRUDENTIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Generasi Z di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI M. ADITYA WIJAYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Di era sekarang banyak muncul vlogger, influencer, youtubers dan tiktokers yang menayangkan aksi pamer di media sosial masing�masing yang biasa disebut dengan flexing. Flexing dimanfaatkan sebagai alat promosi investasi untuk mendapatkan keuntungan dari kerugian nasabah yang menggunakannya. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk melihat pengaruh fenomena flexing terhadap sikap investasi masyarakat dengan dimoderasi oleh aspek prudential. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel 100 responden generasi z di Kota Bandar Lampung dengan menggunakan perhitungan rumus lemeshow. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis regresi sederhana dan uji Moderated Regression Analysis (MRA) untuk melihat pengaruh variabel moderasi. Alat analisis yang digunakan yaitu SPSS (Statistical Products and Services Solutions) versi 26 digunakan sebagai alat analisis dengan taraf signifikansi sebesar 10% (0,10). Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan oleh peneliti, memperoleh kesimpulan pada hipotesis pertama bahwa fenomena flexing mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap investasi. Sedangkan, berdasarkan hasil uji t pada hipotesis kedua yang telah dilakukan oleh peneliti, pada variabel flexing tidak berpengaruh terhadap sikap investasi dengan aspek prudential sebagai variabel moderasi. Dengan demikian, aspek prudential mampu memperlemah pengaruh fenomena flexing terhadap sikap investasi masyarakat. Kata Kunci : Aspek prudential, Flexing, Sikap investasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:13
Last Modified: 28 Jul 2023 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29150

Actions (login required)

View Item View Item