IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

LISTANTI, YUGO NURTAMI (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Tanti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen mutu pendidik adalah manajemen yang memfokuskan pada peningkatan kualitas pendikik/guru disekolah. Permasalahan dalam penelitian ini sekolah baru Sd Al-Azhar 3 Bandar Lampung ini sudah bagus dan memiliki tim PMPS jadi permasalahan SD Al-Azhar Bandar Lampung sudah memiliki akredikasi yang bagus padahal sekolah baru dan lalu bagaimana proses manajemen mutu pendidik dalam upaya meningkatkan kinerja guru di SD Al-Azhar 3 Bandar Lampung yaitu Plan, Do. Check dan Act . Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen mutu pendidik dalam meningkatkan kinerja guru di SD Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan teknik pegumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyakian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi . Sumber data dalam penelitian ini diantaranya kepala sekolah, waka kurikulum, ketua PMP dan guru. Berdasarkan hasil penelitian menujukan bahwa Manajemen mutu pendidik dalam upaya meningkatkan kinerja guru di SD Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Perencanaan (plan) dimulai dengan membuat target yang tertuang di program kepala sekolah lalumerancang instrumen evaluasi dari pendidik yang mengacu pada stadar pendidik. Selanjutnya pelaksanaan (do) dilakukan dengan memastikan terlaksananya pengembangan pendidik dengan melakukan pelaihan setiap bulan pelatihan IHT, UKG atau KKG. Pemeriksaan (Check) dilakukan dengan memeriksa hasil pelatihan dengan melihat laporan yang diberikan oleh guru dan perbandingan dengan melakukan monitorig oleh tim PMP. Penindakan (act) dilakukan dengan memberikan solusi jika hasil pelatihan kurang mampu mengembangkan kinerja guru dengan di bina dan di tes oleh pihak yayasan dan di bnatu oleh tutor sebaya dalam pelatihan KKG. Kata Kunci: Manajemen mutu, Kinerja Guru iv ABSTRAK Management of educator quality was management that focused on improving the quality of educators/teachers at school. The problem in this study was that the new school Sd Al-Azhar 3 Bandar Lampung was already good and had a PMPS team so the problem of how the educator quality management process in an effort to improve teacher performance at SD Al-Azhar 3 Bandar Lampung was Plan, Do. Check and Act. The purpose of this study was to describe the quality management of educators in an effort to improve teacher performance at SD Al-Azhar 3 Bandar Lampung. This type of research used a descriptive qualitative approach, using data collection techniques in this study was observation interviews and documentation. The data analysis technique was data reduction, data assessment and conclusion drawing. Sources of data in this study include the principal, deputy head of curriculum, head of PMP and teachers. Based on the results of the study, it shows that the quality management of educators in an effort to improve teacher performance at Al-Azher 3 Elementary School in Bandar Lampung. Planning (plan) begins with making targets contained in the principal's program and then designing evaluation instruments from educators that refer to educator standards. Furthermore, implementing (do) was done by ensuring the implementation of educator development by conducting training every month for IHT, UKG or KKG. Checking was done by checking the results of the training by looking at the reports given by the teachers and comparing them by conducting monitoring by the PMP team. Act was done by providing solutions if the results of the training were not able to develop teacher performance by being coached and tested by the foundation and assisted by peer tutors in KKG training. Keywords: Quality Management, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:09
Last Modified: 28 Jul 2023 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29149

Actions (login required)

View Item View Item