PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK RAHN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Nasabah Unit Pegadaian Syariah Durian Payung Bandar Lampung)

MARLINA, MURSAL (2023) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK RAHN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Nasabah Unit Pegadaian Syariah Durian Payung Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Salah satu lembaga yang menjadi pusat perkembangan lembaga keuangan saat ini adalah pegadaian Syariah. Perum Pegadaian Syariah adalah salah satu badan usaha di Indonesia yang secara resmi diberi izin untuk melakukan kegiatan lembaga keuangan berupa pembiayaan dengan cara meminjamkan dana kepada masyarakat berdasarkan Undang-Undang gadai. Jumlah nasabah penggunanaan produk di Unit Pegadaian Syariah Durian Payung Bandar Lampung mengalami naik turun (fluktuatif) pada tahun 2018-2022. Pada tahun 2022 nasabah yang menggunakan produk Rahn di Unit Pegadaian Syariah Durian Payung mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Permasalahan pada penelitian ini yaitu apakah bauran pemasaran berpengaruh terhadap keputusan nasabah mengunakan produk Rahn pada Unit Pegadaian Syariah Durian Payung Bandar Lampung dan apakah bauran pemasaran terhadap keputusan nasabah menggunakan roduk Rahn telah sesuai dengan Perspektif Ekonomi Islam. Metodelogi penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Sampel pada penelitian ini berjumlah 93 responden yaitu nasabah yang menggunakan produk di Unit Pegadaian Syariah Durian Payung dengan menggunakan teknik Random Sampling. Dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Adapun alat pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini Produk, Price, Place, Promotion, dan People secara Parsial dan Simultan berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk Rahn di Pegadaian Syariah Durian Payung Bandar Lampung. Jadi semakin bagus Bauran Pemasaran yang dilakukan oleh Unit Pegadaian Syariah Durian Payung maka Keputusan Nasabahnya semakin banyak. Menurut Persfektif Ekonomi Islam Bauran Pemasaran Unit Pegadaian Syariah Durian Payung sudah sesuai dengan pemasaran Islam Sebagian besar konsep pemasaran Islam telah sesuai yaitu dari segi produk selalu besikap jujur dan mengedepankan kualiatas produk. Kata kunci : Bauran Pemasaran, Keputusan Nasabah. ABSTRACT One of the institutions that is the center of the development of financial institutions today is Islamic pawnshops. Perum Pegadaian Syariah is a business entity in Indonesia that is officially licensed to carry out financial institution activities in the form of financing by lending funds to the public based on the pawn law. The number of customers using products at the Durian Payung Syariah Pawnshop Unit in Bandar Lampung experienced ups and downs (fluctuated) in 2018-2022. In 2022 customers who use Rahn products at the Durian Payung Syariah Pawn Unit will experience an increase from the previous year. The problem in this study is whether the marketing mix influences customers' decisions to use Rahn products at the Durian Payung Syariah Pawnshop Unit in Bandar Lampung and whether the marketing mix on customers' decisions to use Rahn products is in accordance with the Islamic Economic Perspective. This research methodology uses quantitative methods. Source of data used primary data and secondary data. The sample in this study amounted to 93 respondents, namely customers who use products at the Durian Payung Syariah Pawnshop Unit using the Random Sampling technique. By using the validity test, reliability test, analysis prerequisite test and hypothesis testing. The data processing tool used in this study is IBM SPSS Statistics 25. The results of this study Product, Price, Place, Promotion, and People Partially and Simultaneously influence the customer's decision to use Rahn's products at Pawnshop Syariah Durian Payung Bandar Lampung. So the better the Marketing Mix that is carried out by the Durian Payung Syariah Pawnshop Unit, the more Customer Decisions. According to the Islamic Economic Perspective, the Marketing Mix of the Durian Payung Syariah Pawnshop Unit is in accordance with Islamic marketing. Most of the Islamic marketing concepts are appropriate, namely from a product perspective, always be honest and prioritize product quality. Keywords: Marketing Mix, Customer Decisions.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:31
Last Modified: 28 Jul 2023 06:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29141

Actions (login required)

View Item View Item