PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK DI SMA N 1 MARTAPURA

DINDA, SAPUTRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK DI SMA N 1 MARTAPURA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of skripsi dinda REVISI DONE 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantu Powtoon Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Confidence Peserta Didik Di SMA N 1 Martapura Oleh: Dinda Saputri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantu Powtoon Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Confidence Peserta Didik Di SMA N 1 Martpura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Experimental dengan menggunakan dua kelas untuk melakukan tindakan menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantu Powtoon paa ada kelas eksepimen dan penggunaan model konvensional pada kelas kontrol. Peneliti menggunakan kelas X IPA sebagai sampel dengan total 60 peserta didik. Dalam hal ini peneliti menggunakan instrumen pre dan post test kemudian kuesioner untuk mengumpulkan data penelitian. Berdasarkan hasil analisis data dan pengumpulan data yang telah dilakukan dengan ini peneliti memberikan kesimpulan terkait hasil analisa yakni bahwa penggunaan model Flipped Classroom berbantu Powtoon berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik, hal ini didukung dengan hasil uji hipotesis yang menunjukan nilai Sig 2 Tailed sebesar 0.004<0,05, kemudian untuk rumusan masalah kedua peneliti menemukan bahwa dari hasil sig 2 Tailed sebesar 0.000<0,05 , sehingga bisa disiimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif pada penggunaan model Flipped Classroom berbantu Powtoon terhadap self Confidence peserta didik di SMAN 1 Martapura. Kata Kunci : Model pembelajaran Flipped Classroom , Powtoon, Kemampuan Pemecahan masalah, Self Confidence iv ABSTRACT The Influence of Powtoon Assisted Flipped Classroom Learning Model on Students' Problem Solving Ability and Self Confidence at SMA N 1 Martapura By: Dinda Saputri This study aims to determine the effect of the Powtoon Assisted Flipped Classroom Learning Model on the Problem Solving Ability and Self Confidence of Students at SMA N 1 Martpura. This study uses quantitative research methods with a Quasy Experimental approach by using two classes to take action using the Powtoon Assisted Flipped Classroom Learning Model in an experimental class and using conventional models in the control class. Researchers used class X IPA as a sample with a total of 60 students. In this case the researcher used pre and post test instruments and then a questionnaire to collect research data. Based on the results of data analysis and data collection that has been done with this, the researcher draws conclusions regarding the results of the analysis namely that the use of the Powtoon-assisted Flipped Classroom model has a positive effect on students' problem�solving abilities, this is supported by the results of the hypothesis test which shows a Sig 2 Tailed value of 0.004 <0.05, then for the second problem formulation the researcher found that from the results of sig 2 Tailed it was 0.000 <0.05, so it could be concluded that there was a positive influence on the use of the Powtoon-assisted Flipped Classroom model on students' self-confidence at SMAN 1 Martapura. Keywords: Flipped Classroom learning model, Powtoon, Problem Solving Ability, Self Confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:27
Last Modified: 28 Jul 2023 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29139

Actions (login required)

View Item View Item