PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BIOLOGI E-JAS BERBASIS CANVA TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN KELAS VII SMP

SAGITA, NIA MARFUAH (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BIOLOGI E-JAS BERBASIS CANVA TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN KELAS VII SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2&dapus.pdf] PDF
Download (15MB)
[thumbnail of full skripsi Sagita Nia Marfuah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BIOLOGI E-JAS BERBASIS CANVA TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN KELAS VII SMP Oleh Sagita Nia Marfuah Output dari proses pembelajaran ditandai dengan meningkatnya pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Salah satu sikap yang perlu untuk ditingkatkan adalah peduli lingkungan sekitar. Peningkatan sikap dalam proses pembelajaran dapat dibantu melalui pengembangan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran adalah modul. Modul dikembangkan dengan aplikasi canva. Canva memiliki beragam desain yang menarik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas, salah satunya adalah membuat modul. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan modul elektronik biologi E-Jas berbasis canva untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan. Keterbaruan dari penelitian dan pengembangan ini adalah penggunaan canva sebagai pembuatan modul serta modul yang dikembangakan dilengkapi dengan video, gambar, ayat al-qur’an serta konten permasalahan lingkungan ada disekitar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan prosedur Borg and Gall hingga tahap 10 dengan melalui 3 kali uji coba. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini didapatkan penilain dari ahli media sebesar 81%, ahli materi sebesar 92% dan ahli bahasa sebesar 88% serta respon guru sebesar 84% dan peserta didik 80% dengan kriteria sangat baik digunakan. Kemudian keefektifan pada E�Modul biologi dilihat menggunakan uji Independent Sampel T-Test dengan hasil yang diperoleh sebesar 0,001<0,05. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti modul elektronik biologi E-Jas berbasis canva dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dan baik untuk digunakan. Kata Kunci : Canva, E-Jas, Pencemaran Lingkungan, dan Sikap Peduli Lingkungan iii ABSTRACT The output of the learning process is characterized by increased knowledge, skills and attitudes. One attitude that needs to be improved is caring for the environment. Improving attitudes in the learning process can be assisted through the development of learning media. One of the learning media is a module. The modules are developed with the canva application. Canva has a variety of attractive designs that can be used to increase creativity, one of which is creating modules. The aim of this research and development is to develop a Canva�based E-Jas biology electronic module to increase environmental awareness. The novelty of this research and development is the use of Canva as a module maker and the modules being developed are equipped with videos, pictures, verses of the Koran and content on environmental issues around Lampung. The method used in this research is Research and Development (R&D) with the Borg and Gall procedure up to stage 10 with 3 trials. The results of this research and development obtained an assessment of media experts by 81%, material experts by 92% and linguists by 88% and teacher responses by 84% and students 80% with very good criteria used. Then the effectiveness of the biological E-Module was seen using the Independent Sample T-Test with the results obtained at 0.001 <0.05. So it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted, which means that the Canva-based E-Jas biology electronic module can improve environmental care attitudes and is good for use. Key Words : Canva, E-Jas, Enviromental Pollution and Enviromental care attitude

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:41
Last Modified: 28 Jul 2023 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29127

Actions (login required)

View Item View Item