ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI HALAL FASHION DALAM UPAYA MENINGKATKAN EKONOMI KREATIF PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Ecoprint Kelurahan Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung)

Indah, Anjar Dwi Pratiwi (2023) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI HALAL FASHION DALAM UPAYA MENINGKATKAN EKONOMI KREATIF PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Ecoprint Kelurahan Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sektor fashion terkhusus trend halal fashion ini sudah merebut hati masyarakat di semua kalangan baik kelas bawah sampai kelas atas, ini merupakan peluang yang cukup besar bagi para desainer dan produsen fashion untuk selalu produktif dalam mengembangkan fashion halal yang berdampak pada meningkatnya pendapatan ekonomi. Sub sektor fashion di Bandar Lampung merupakan termasuk dalam tiga produk unggul setelah produk makanan. Yang perlu adanya rencana pembuatan strategi yang tepat untuk mengembangkan ketiga sub sektor tersebut. Produk fashion ecoprint merupakan produk yang memanfaatkan sumber daya alam di lingkungan sekitar, layak dijual, memiliki harga jual yang tinggi. Kegiatan produksi tersebut dapat menghasilkan pendapatan yang bahkan terbilang cukup tinggi, namun tidak sedikit orang yang belum mengetahui dampak positif dan peluang produk untuk eksis di dunia ekspor. Pemasalahan pada penelitian ini ialah bagaimana stretegi yang digunakan dalam mengembangkan industri halal fashion dalam upaya meningkatkan ekonomi kreatif dan apakah kegiatan dan strategi pengembangan yang digunakan oleh industri ecoprint kelurahan labuhan ratu kota Bandar Lampung telah sesuai dengan indikator industri halal yang sesuai dengan ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yakni penelitian lapangan atau field research dan menggunakan alat analisis SWOT. Adapun hasil penelitian ini berupa strategi yang dapat digunakan pada usaha Kahut Sigerbori yakni dengan pengoptimalisasian produksi, penguatan branding, memaksimalkan pemasaran online, sertifikasi halal produk, mengikuti pelatihan, penghematan terhadap bahan baku, menyusun skala prioritas, melakukan strategi konsinyasi dan melakukan program loyalitas pelanggan. Kegiatan dan strategi pengembangan yang digunakan pada Kahut Sigerbori telah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam. Serta produk yang dijual pula, telah sesuai dengan indikator industri fashion halal yakni proses produksi, penyimpanan produk dan bahan baku, pendistribusian serta pemasaran yang sesuai syariah. Kata kunci : strategi pengembangan, ekonomi kreatif, industri halal ABSTRACT The fashion sector, especially the halal fashion trend, has captured the hearts of people in all circles, both lower and upper classes, this is a considerable opportunity for fashion designers and producers to always be productive in developing halal fashion which has an impact on increasing economic income. The fashion sub-sector in Bandar Lampung is included in three superior products after food products. Which needs an appropriate strategy making plan to develop the three sub-sectors. Ecoprint fashion products are products that utilize natural resources in the surrounding environment, are worth selling, have a high selling price. These production activities can generate income that is even quite high, but not a few people do not know the positive impact and opportunities for products to exist in the export world. The problem in this study is how the strategies used in developing the halal fashion industry in an effort to improve the creative economy and whether the activities and development strategies used by the ecoprint industry in the labuhan ratu village of Bandar Lampung city are in accordance with the halal industry indicators in accordance with Islamic economics. The research method used is qualitative research with the type of research, namely field research or field research and using SWOT analysis tools. The results of this study are in the form of strategies that can be used in the Kahut Sigerbori business, namely by optimizing production, strengthening branding, maximizing online marketing, halal certification of products, attending training, saving on raw materials, compiling a priority scale, conducting consignment strategies and conducting customer loyalty programs. The development activities and strategies used in Kahut Sigerbori are in accordance with Islamic economic principles. As well as the products sold, it is in accordance with the indicators of the halal fashion industry, namely the production process, product storage and raw materials, distribution and marketing in accordance with sharia. Keywords: development strategy, creative economy, halal industry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:25
Last Modified: 28 Jul 2023 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29122

Actions (login required)

View Item View Item