PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPA DIKELAS IV SDN 29 TULANG BAWANG TENGAH

OKTA, DASA PRASETYO (2023) PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPA DIKELAS IV SDN 29 TULANG BAWANG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI OKTA DASA PRASETYO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tidakan kelas (PTK) penelitian “classtoom action research”, teknik pengumpulan data yang dipakai observasi, dokumentasi, wawancara, tes, dan Teknik presesntase melihat kecendrungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Interprestasi data antara lain a. menghubungkan data dengan pengalaman diri guru atau peneliti, b. Mengaitkan temuuan dengan hasil pemerolehan data, c. Mempoerluas analisis dengan mengajukan pernyataan mengenai penelitian atau hasil penelitian, d. Meminta teman sejawat jika mengalami kesulitan. Tujuan Penelitin ini untuk mengetahui apakah penerapan metode outdor learning dapat untuk meninkatkan pemahaman belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas IV SDN 29 Tulang Bawang Tengah Subjek dalam penelitian ini peserta didik SDN 29 Tulang Bawang Tengah. Hasil perhitungan Penerapan metode outdoor leadrning dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN 29 Tulang Bawang Tengah. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan adanya peningkatan rata-rata kelas yaitu pada tes awal pra penelitian tindakan rata-rata kelas sebesar 25, pada siklus I sebesar 29,dan siklus II sebesar 29. Persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada pra penelitian 2,6% siklus I 62,07%, dan 89,65% pada siklus II dimana semua peserta didik sudah mencapai KKM, Jika dipersentasekan 100%. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa metode outdoor learning dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: Metode Outdoor Learning, PTK iii ABSTRACT The research method used was class action research (PTK) research "classtoom action research", data collection techniques used observation, documentation, interviews, tests, and presentation techniques to see trends that occur in learning activities. Interpretation of data, among others a. connecting data with the teacher's or researcher's own experience, b. Associating the findings with the results of data acquisition, c. Expand the analysis by submitting a statement regarding research or research results, d. Ask colleagues if you are having trouble. The purpose of this study was to find out whether the application of the outdor learning method could improve students' understanding of science in class IV SDN 29 Tulang Bawang Tengah. The subjects in this study were students at SDN 29 Tulang Bawang Tengah. Calculation results The application of the outdoor leadership method can improve the science learning outcomes of class IV students at SDN 29 Tulang Bawang Tengah. This can be shown by the increase in class average, namely in the initial pre-action research test the class average was 25, in cycle I was 29, and cycle II was 29. The percentage of student learning completeness also increased. In the pre�research 2.6% cycle I 62.07%, and 89.65% in cycle II where all students have reached KKM, If the percentage is 100%. From the results of this study it was concluded that the outdoor learning method can improve learning outcomes. Keywords: Outdoor Learning Method, PTK

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:11
Last Modified: 28 Jul 2023 09:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29118

Actions (login required)

View Item View Item