BIMBINGAN KLASIKAL METODE EKSPOSITORI DALAM MENGURANGI KECEMASAN MENJELANG SNBP (SELEKSI NASIONAL BERDASARKAN PRESTASI) SISWA KELAS XII MIA DI MAN LAMPUNG SELATAN

Al, Fina Damayanti (2023) BIMBINGAN KLASIKAL METODE EKSPOSITORI DALAM MENGURANGI KECEMASAN MENJELANG SNBP (SELEKSI NASIONAL BERDASARKAN PRESTASI) SISWA KELAS XII MIA DI MAN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of ALFINA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang diangkat dalam masalah ini adalah Bimbingan Klasikal Metode Ekspositori Dalam Mengurangi Kecemasan Menjelang SNBP. Bimbingan klasikal adalah bimbingan yang diberikan oleh guru di dalam kelas. Metode ekspositori adalah salah satu strategi pembelajaran yang sering kali digunakan sebagian guru. Kecemasan pada dasarnya suatu reaksi diri untuk menyadari suatu ancaman yang tidak menentu seperti rasa takut, tidak percaya, gelisah atau ketidakberdayaan pada umumnya. SNBP atau singkatan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi yaitu salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi melalui prestasi akademik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Bimbingan Klasikal Metode Ekspositori Dalam Mengurangi Kecemasan Menjelang SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) Siswa Kelas XII MIA Di MAN Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer bersumber dari Guru BK, siswa, siswi kelas XII MIA , dan sumber data sekunder. Lokasi penelitian di MAN Lampung Selatan, Jl Soekarno Hatta, Jati Way Urang, Kalianda, Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, fgd, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Serta uji keabsahan data dengan teknik tringulasi, yaitu tringulasi sumber. Hasil penelitian diperoleh data tentang pelaksanaan Bimbingan Klasikal Metode Ekspositori Dalam Mengurangi Kecemasan Menjelang SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) Siswa Kelas XII MIA Di MAN Lampung Selatan yakni dengan beberapa metode ekspositori yaitu, guru BK memutar video pendek tentang kegagalan dan keberhasilan seseorang dalam meraih cita�citanya, motifasi filosofi, pentingnya menjaga kesehatan mental. Guru BK juga melakukan diskusi tanya jawab mengenai kiat-kiat memasuki Perguruan Tinggi seperti pendaftaran jalur undangan, tertulis hingga mandiri, cara mengerjakan soal tes tertulis, dan diskusi tentang berbagai Perguruan Tinggi. Setelah mendapatkan bimbingan klasikal metode ekspositori, peserta didik menunjukkan tanda ada sedikir perubahan meskipun belum maksimal. Kata Kunci : Bimbingan Klasikal, Metode Ekspositori, Kecemasan, SNBP iv ABSTRACT The problem raised in this issue is the expository method of clasiccal guidance in reducing anxiety before SNBP. Classical guidance is guidance given by the teacher in the classroom. The expository method is a learning strategy that is often used by some teachers. Anxiety is basically a self-reaction to realizing an uncertain threat such as fear, disbelief, anxiety or helplessness in general. SNBP or the abbreviation for Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi is one of the pathways to enter Higher Education through academic achievement. The purpose of this study was to describe the Bimbingan Klasikal Metode Ekspositori Dalam Mengurangi Kecemasan Menjelang SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) Siswa Kelas XII MIA di MAN Lampung Selatan. This study uses qualitative research, with the type of field research and the nature of qualitative descriptive research. The data sources used are primary data sources from counseling teacher, students, students, class XII MIA and secondary data sources. The research location is MAN South Lampung, Jl Soekarno Hatta, Jati Way Urang, Kalianda, South Lampung. Data collection techniques using interviews, observation, fgd, and documentation. While data analysis by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. As well as testing the validity of the data using the triangulation technique, namely source triangulation. The results of the study obtained data about the implementation of Bimbingan Klasikal Metode Ekspositori Dalam Mengurangi Kecemasan Menjelang SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) Siswa Kelas XII MIA Di MAN Lampung Selatan, namely with several expository methods, namely, the counseling teacher plays a short video about one's failure and success in achieving his ideals, philosophical motivations, the importance of maintaining mental health. The counseling teacher also held a question and answer discussion regarding tips on entering higher education such as registering by invitation, written to independent, how to do written test questions, and discussions about various universities. After receiving classical expository method guidance, students showed signs of a slight change even though it was not optimal. Keywords : Clasiccal Guidance, Expository Method, Anxiety, SNBP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:46
Last Modified: 28 Jul 2023 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29112

Actions (login required)

View Item View Item