ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK DI TK MASTHON KELURAHAN SUMBER HARJO, KECAMATAN BUAY MADANG TIMUR, KABUPATEN OKU TIMUR, SUMATRA SELATAN

Santi, Sri Wahyunita (2023) ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK DI TK MASTHON KELURAHAN SUMBER HARJO, KECAMATAN BUAY MADANG TIMUR, KABUPATEN OKU TIMUR, SUMATRA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pola asuh orang tua adalah cara mendidik atau mengasuh anak. Jenis pola asuh yaitu pola asuh otoriter, permisif, dan demokratis. Pola asuh orang tua dilakukan untuk perkembangan anaknya, salah satunya yaitu perkembangan prilaku prososial anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana analisis pola asuh orang tua dalam mengembangkan prilaku prososial anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh orang tua delam mengembangkan prilaku prososial anak. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini di dapat dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi ditujukan kepada 12 siswa di TK Masthon Sumber Harjo, kemudian wawancara di lakukan bersama masing-masing orang tua dari 12 anak tersebut, dan dokumentasi di lakukan untuk mendapatkan informasi berupa bukti gambar, vidio. Berdasarkan hasil penelitian dan temuan yang ada terhadap 12 subjek yang di teliti. Yang pertama terdapat 4 anak yang orang tuanya menggunakan pola asuh demokratis, dari pola asuh demokratis ini terdapat 1 anak yang kriteria prilaku prososialnya berkembang sangat baik, 2 anak yang kriteria prilaku prososialnya cukup baik dan 1 anak yang kriteria prilaku prososialnya berkembang. Yang kedua terdapat 2 anak yang orang tuanya menggunakan jenis pola asuh otoriter demokratis, dan 2 anak tersebut kriteria prilaku prososialnya berkembang berkembang sangat baik. Yang ketiga terdapat 4 anak yang orang tuanya menggunakan jenis pola asuh permisif demokratis, dari 4 anak tersebut 3 anak yang kriteria prilaku prososialnya sangat baik, dan 1 anak yang kriteria prilaku prososialnya berkembang sesuai harapan. Dan yang terakhir yaitu terdapat 2 anak yang orang tuanya memakai jenis pola asuh otoriter permisif demokratis, dan keduanya kriteria prilaku prososialnya berkembang sangat baik. Jadi 3 jenis pola asuh tersebut semuanya berpengaruh positif dalam mengembangkan prilaku prososial anak di rumah maupun di sekolah. Karena selain orang tua menerapkan pola asuh otoriter dan permisif mereka juga menerapkan pola asuh demokratis. Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Prilaku Prososial iii ABSTRACT Parenting is a way of educating or raising children. The types of parenting styles are authoritarian, permissive, and democratic parenting. Parenting style is carried out for the development of their children, one of which is the development of children's prosocial behavior. The formulation of the problem in this study is how to analyze parenting patterns in developing children's prosocial behavior. This study aims to analyze parenting styles in developing children's prosocial behavior. This research was conducted using qualitative methods. Data collection techniques in this study were obtained from observation, interviews and documentation. Observations were aimed at 12 students at Masthon Sumber Harjo Kindergarten, then interviews were conducted with each of the parents of the 12 children, and documentation was carried out to obtain information in the form of picture and video evidence. Based on the results of research and findings on the 12 subjects studied. First, there were 4 children whose parents used democratic parenting. From this democratic parenting, there was 1 child whose prosocial behavior criteria developed very well, 2 children whose prosocial behavior criteria were quite good and 1 child whose prosocial behavior criteria were developing. Secondly, there are 2 children whose parents use a type of democratic authoritarian parenting, and the 2 children's prosocial behavior criteria are developing very well. Third, there were 4 children whose parents used a democratic permissive parenting style, out of these 4 children, 3 children had very good prosocial behavior criteria, and 1 child whose prosocial behavior criteria developed as expected. And finally, there are 2 children whose parents use a democratic permissive authoritarian parenting style, and both of them have very well developed prosocial behavior criteria. So these 3 types of parenting all have a positive effect on developing children's prosocial behavior at home and at school. Because in addition to parents applying authoritarian and permissive parenting, they also apply democratic parenting. Keywords: Parenting Patterns, Prosocial Behavior

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:33
Last Modified: 28 Jul 2023 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29110

Actions (login required)

View Item View Item