PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Muhammad, Taufiqurrozak (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD TAUFIQURROZAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X MAN 2 Bandar Lampung disebabkan karena belum adanya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Hal ini didasari oleh hasil observasi peneliti terhadap guru mata pelajaran fiqih, bahwa proses pembelajaran fiqih hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan sebuah media pembelajaran yang inovatif untuk menigkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian seputar penggunaan media audio visual dalam pembelajaran fiqih. Adapun rumusan masalah dalam penilitian ini adalah, bagaimana pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas X di MAN 2 Bandar Lampung. sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah, mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas X di MAN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen (quasy experimental research) dengan desain noneequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling dengan sampel kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini berupa instrumen tes berupa soal pilihan ganda untuk mengukur hasil pembelajaran peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan media audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran fiqih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MAN 2 Bandar lampung, hal ini didasarkan oleh perolehan rata-rata nilai N-gain score untuk kelas eksperimen (penggunaan media audio visual) adalah sebesar 65,0617 atau 65,06% yang termasuk dalam kategori cukup efektif . Dengan score minimal 16,67% dan maksimal 94,12%. Sementara nilai rata�rata N-gain score untuk kelas kontrol (metode konvensional learning) adalah sebesar 53,8010 atau 53,80% yang termasuk dalam kategori tidak efektif . Dengan nilai N-gain score minimal 20,00% dan maksimal 86,67%. Adapun nilai rata-rata hasil observasi keterlaksanaan media audio visual adalah sebesar 92,93% termasuk kategori sangat baik. Dan nilai t dalam penelitian ini adalah 5,037 iii dengan signifikan 0,000 <0,05 sehingga Hₒ ditolak dan Hₐ diterima, dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan media (penggunaan media audio visual) dan kelas yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Sedangkan untuk nilai efek size (d) diperoleh sebesar 1,263 sehingga masuk dalam kategori berefek besar atau tinggi. Maka, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran fiqih cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MAN 2 Bandar Lampung Kata Kunci: Pengaruh, Penggunaan, Media Audio Visual, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fiqh ABSTRACT The low learning outcomes of students in fiqh class X MAN 2 Bandar Lampung are caused by the absence of the use of interesting and interactive learning media. This is based on the results of the researcher's observation of the fiqh teacher, that the fiqh learning process only uses the lecture and discussion methods. Based on these problems, an innovative learning media is needed to improve student learning outcomes. Therefore, researchers are interested in conducting a study about the use of audio-visual media in fiqh learning. The formulation of the problem in this research is, how the effect of audio visual media on student learning outcomes in class X fiqh subjects at MAN 2 Bandar Lampung. while the purpose of this study is, knowing the effect of audio visual media on student learning outcomes in class X fiqh subjects at MAN 2 Bandar Lampung. This study used quasi experimental research with nonequivalent control group design. The population in this study were grade X students of MAN 2 Bandar Lampung. The sampling technique used was simple random sampling technique with the sample of class X IPA 1 as the experimental class and class X IPA 2 as the control class. The instruments in this study were test instruments in the form of multiple choice questions to measure the learning outcomes of students and observation sheets for the implementation of audio-visual media. The results showed that the use of audio-visual media in fiqh learning had an effect in improving the learning outcomes of students at MAN 2 Bandar Lampung, this was based on the acquisition of the average N-gain score for the experimental class (use of audio-visual media) was 65.0617 or 65.06% which was included in the category quite effective. With a minimum score of 16.67% and a maximum of 94.12%. While the average N-gain score for the control class (conventional learning method) is 53.8010 or 53.80% which is included in the ineffective category. With a minimum N-gain score of 20.00% and a maximum of 86.67%. The average value of the observation of the implementation of audio-visual media is 92.93%, including the very good category. And the t value in this study is 5.037 with a significant 0.000 <0.05 so that Hₒ is rejected and Hₐ is accepted, in other words there is a difference in student learning outcomes between classes that apply media (use of audio visual media) and classes that use conventional learning media. Meanwhile, the effect size (d) value was obtained as 1.263 so that it was included in the large or high effect category. So, it can be concluded that the use of audio-visual media in learning fiqh is quite effective in improving the learning outcomes of students in class X MAN 2 Bandar Lampung. Keywords: Effect, Use, Audio Visual Media, Learning Outcomes, Fiqh Subjects

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:21
Last Modified: 26 Jul 2023 06:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29103

Actions (login required)

View Item View Item