PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA BAHAN PRAKTIKUM BIOLOGI SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI

Apriyadi, A (2018) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA BAHAN PRAKTIKUM BIOLOGI SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran pada hakikatnya adalah interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu masalah yaitu terbatasnya sarana dan prasarana di berbagai sekolah dan kurangnya alokasi waktu guru untuk menyampaikan materi pelajaran. Menanggapi hal ini, diperlukan bahan ajar yang praktis dan ekonomis salah satunya adalah Ensiklopedia Bahan Praktikum Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Ensiklopedi Bahan Praktikum Biologi untuk Peserta didik SMA/MA Kelas XI dan Mengetahui kualitas ensiklopedia yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian oleh validator. Ketersediaan bahan ajar berupa ensiklopedia ini dapat membuat peserta didik termotivasi untuk mengikuti kegiatan proses pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian pengembangan ensiklopedi meliputi tahap analisis potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Instrumen penilaian kualitas ensiklopedi berupa lembar angket chek list dengan menggunakan sekala likert. Hasil penelitian ini adalah telah berhasil dikembangkan ensiklopedia Bahan Praktikum Biologi untuk peserta didik SMA/MA Kelas XI. Kualitas bahan ajar berdasarkan penilaian 2 orang ahli materi memperoleh kriteria interpretasi “sangat tinggi” dengan persentase rata-rata sebesar 82% dan sedangkan hasil rekapitulasi oleh ahli media memperoleh kriteria interpretasi sangat tinggi dengan presentase rata-rata 89%. Selanjutnya ensiklopedia ini ditinjau oleh 3 peer reviwer memperoleh kriteria interpretasi “sangat tinggi” dengan persentase rata-rata 91%. Kualitas ensiklopedi menurut 2 orang guru biologi memperoleh persentase keidealan sebesar 92% dan hasil respon siswa terhadap bahan ajar tersebut memperoleh persentase rata-rata 83%. Berdasarkan penilaian yang diperoleh dari validator dan respon siswa tersebut maka bahan ajar ini dapat dikatakan layak digunakan sebagai acuan guru dalam pembelajaran biologi untuk peserta didik SMA/MA kelas XI. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar biologi, Ensiklopedi Bahan Praktikum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Faisal Hamid Azly
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:43
Last Modified: 09 Jan 2018 04:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2910

Actions (login required)

View Item View Item