ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI MI DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG

ANISA, FITRIANA (2023) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI MI DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANISA FITRIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI MI DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG Oleh: Anisa Fitriana Model pembejaran yang sangat bervariatif sangat menujang proses dan keberhasilan belajar mengajar ada banyak model pembelajaran yang bisa digunakan salah satunya model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) model pembejaran ini masuk dalam model pembelajaran kooperatif yaitu belajar menggunakan bantuan teman sebaya atau berkelompok. Penelitian ini berjudul “Analisis Model Pembelajaran Air (Auditory, Intellectualy, Repetition) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di Mi Darul Huda Bandar Lampung”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Air (Auditory, Intellectualy, Repetition) terhadap motivasi belajar siswa. Model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) adalah model pembelajaran yang dalam pembelajarannya mengandung tiga aspek utama yaitu: auditory atau belajar dengan mendengar dan berbicara, lalu yang kedua adalah intellectually atau belajar dengan menggunakan kemampuan berpikir dan yang ketiga yaitu repetition atau belajar dengan pengulangan materi dalam pembelajaran sehingga siswa tidak akan mudah lupa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas IV MI Darul Huda Bandar Lampung. Objek penelitian ini yaitu peran pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) di MI Darul Huda Bandar Lampung . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah menerapkan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) dan Motivasi Belajar baik, karena guru sudah menerapkan langkah- iii langkah model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition). Kata Kunci : Model Pembeajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition), Motivasi Belajar iv ABSTRACT WATER LEARNING MODEL (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) ANALYSIS OF LEARNING MOTIVATION OF CLASS IV STUDENTS AT MI DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG By: Anisa Fitriana There are many learning models that can be used, one of which is the AIR (Auditory, Intellectual, Repetition) learning model. This learning model is included in the cooperative learning model, namely learning with the help of peers or in groups. This study is entitled "Analysis of Water Learning Models (Auditory, Intellectual, Repetition) Against Learning Motivation of Grade IV Students at Mi Darul Huda Bandar Lampung". This study aims to determine the application of the Water Learning Model (Auditory, Intellectually, Repetition) on students' learning motivation. The Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) learning model is a learning model in which learning contains three main aspects, namely: auditory or learning by listening and speaking, then the second is intellectually or learning by using thinking skills and the third is repetition or learning by repeating material in learning so that students will not easily forget. In this study, researchers used descriptive qualitative methods. The subjects in this study were homeroom teachers for class IV MI Darul Huda Bandar Lampung. The object of this research is the role of educators in increasing learning motivation by using the AIR (Auditory, Intellectual, Repetition) learning model at MI Darul Huda Bandar Lampung. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The results showed that the teacher had implemented the AIR (Auditory, Intellectual, Repetition) learning model and had good learning motivation, because the teacher had implemented the steps of the AIR (Auditory, Intellectual, Repetition) learning model. Keywords: AIR Learning Model (Auditory, Intellectual, Repetition), Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:01
Last Modified: 26 Jul 2023 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29097

Actions (login required)

View Item View Item