IMPLEMENTASI KONSELING BEHAVIOR DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 TEGINENENG PESAWARAN TAHUN AJARAN 2022/2023

ABDURRAHMAN, KHUDORI (2023) IMPLEMENTASI KONSELING BEHAVIOR DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 TEGINENENG PESAWARAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ABDUR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendiskripsikan tentang implementasi konseling behavioral dengan tekhnik self management dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik SMK Negeri 1Tegineneng Pesawaran Tahun Ajaran 2022/2023.fokus dalam penelitian ini bagaimana perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh guru bk dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik yang menurun menggunakan konseling behavior dengan tekhnik self management.Kemudian jenis penelitian yang peneliti gunakan Penelitian adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian dan untuk prosedur pengumpulan data peneliti menggunakan metode Observasi,Wawancara dan Dokumentasi dengan subjek penelitian adalah kelas x dan tempat penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Tegineneng. Tahap perencanaan yang dilakukan oleh guru BK adalah menganalisis masalah dan kemudian membuat RPL yang sesuai dengan maslah peserta didik yang diambil dari hasil analisis.Selanjutnya tahap pelaksanaan yang terdiri dari pemberian materi kepada peserta didik dan melaksanankan RPL yang sudah di rencanakan.Pada tahap evaluasi,guru BK bekerja sama dengan guru Mapel dan wali kelas untuk memantau siswa yang kurang disiplinData yang telah didapatkan diatas menunjukkan bahwa penjelasan konseling behavior dengan teknik self management dalam meningatkan disiplin belajar peserta didik kelas X di SMK Negeri 1 Tegineneng sudah terlaksana dengan adanya program dari guru bimbingan dan konseling dan pembuatan jadwal kegiatan sehari-hari pada peserta didik merasa adanya keterikatan dalam meningkatkan disiplin belajarnya. Kata kunci:self management,disiplin belajar iii ABSTRACT This study describes the implementation of behavioral counseling with self-management techniques in improving the learning discipline of students at SMK Negeri 1 Tegineneng Pesawaran for the 2022/2023 academic year. using behavioral counseling with self-management techniques. Then the type of research that researchers use. Research is a type of field research (field research) using a qualitative approach as a research procedure and for data collection procedures researchers use Observation, Interview and Documentation methods with research subjects being class X and where the research was conducted at SMK Negeri 1 Tegineneng. The planning stage carried out by the BK teacher is to analyze the problem and then make an RPL that is in accordance with the students' problems taken from the results of the analysis. Then the implementation stage consists of giving material to students and implementing the planned RPL. BK works with Mapel teachers and homeroom teachers to monitor students who lack discipline. Counseling and scheduling daily activities in students feel an attachment to improving their learning discipline. Keywords: self management, learning discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:39
Last Modified: 26 Jul 2023 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29095

Actions (login required)

View Item View Item