HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN NARSISTIK DAN KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN SELF�DISCLOSURE PADA MAHASISWA PENGGUNA INSTAGRAM

Nurul, Nevi Yanti (2023) HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN NARSISTIK DAN KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN SELF�DISCLOSURE PADA MAHASISWA PENGGUNA INSTAGRAM. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Nurul Nevi Yanti_1831080011.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRACT The Relationship Between Narcissistic Tendencies And The Need For Affiliation With Self-Disclosure In College Students Using Instagram By : Nurul Nevi Yanti Self-disclosure is the ability of a person to disclose information about himself to others in the form of thoughts and feelings that exist in individuals. One of the factors that influence self-disclosure is narcissistic tendencies and the need for affiliation. This study aims to determine the relationship between narcissistic tendencies and the need for affiliation with self-disclosure among college students who use Instagram The population in this study were students of the Faculty of Islamic Economics and Business class of 2022 UIN Raden Intan Lampung. The sampling technique used is purposive sampling. The sample in this study amounted to 93 respondents. Measuring tools used are self-disclosure scale, narcissistic tendency scale, and affiliation needs scale. The analysis technique used is multiple regression with the help of JASP software version 0.16.1.0 for windows. The results showed that there was a relationship between narcissistic tendencies and the need for affiliation with self�disclosure. Then there is a relationship between narcissistic tendencies and self-disclosure with a value of (rx1-y) = 0.582 and P <0.001, an effective contribution of 25.54%. The results showed that there was a relationship between the need for affiliation and self�disclosure with a value of (rx2-y) = 0.504 and P <0.001, an effective contribution of 11.34%. Keywords : Self-disclosure, narcissistic tendencies, need for affiliation. ABSTRAK Hubungan Antara Kecenderungan Narsistik Dan Kebutuhan Afiliasi Dengan Self-Disclosure Pada Mahasiswa Pengguna Instagram Oleh : Nurul Nevi Yanti Self-disclosure merupakan kemampuan seeorang untuk mengungkapkan informasi dirinya terhadap orang lain berupa pikiran dan perasaan yang ada pada individu. Salah satu faktor yang mempengaruhi self-disclosure yaitu kecenderungan narsistik dan kebutuhan afiliasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecenderungan narsistik dan kebutuhan afiliasi dengan self-disclosure pada mahasiswa pengguna instagram. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2022 UIN Raden Intan Lampung. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 responden. Alat ukur yang digunakan adalah skala self-disclosure, skala kecenderungan narsistik, dan skala kebutuhan afiliasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan bantuan software JASP versi 0.16.1.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara hubungan kecenderungan narsistik dan kebutuhan afiliasi dengan self-disclosure dapat dilihat dari nilai R= 0.608 dan nilai F=26.347 dengan P<0.001 dan sumbangan efektif (SE) sebesar 36.9%. Kemudian terdapat hubungan antara kecenderungan narsistik dengan self-disclosure dengan nilai (rx1-y) = 0.582 dan P<0.001, sumbangan efektif sebesar 25.54%. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara kebutuhan afiliasi dengan self-disclosure dengan nilai (rx2-y)= 0.504 dan P<0.001, sumbangan efektif sebesar 11.34%. Kata kunci : Self-disclosure, kecenderungan narsistik, kebutuhan afiliasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:21
Last Modified: 26 Jul 2023 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29094

Actions (login required)

View Item View Item