TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 12 PERATURAN DAERAH KABUPATEN TANGGAMUS NOMOR 06 TAHUN 2019 TENTANG PENGEMBANGAN PARIWISATA TERPADU (Studi di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus) SKRIPSI

ADITYA, PRATAMA (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 12 PERATURAN DAERAH KABUPATEN TANGGAMUS NOMOR 06 TAHUN 2019 TENTANG PENGEMBANGAN PARIWISATA TERPADU (Studi di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus) SKRIPSI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ADITYA PRATAMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kabupaten Tanggamus Merupakan salah satu kabupaten yang ada di Lampung. Tanggamus merupakan salah satu daerah yang mempunyai berbagai wisata yang menarik mulai dari pariwisata yang meliputi kuliner khas Tanggamus, Air terjun, Pantai, dan Agrowisata di Kabupaten Tanggamus. Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 06 Tahun 2019 tentang Pengembangan Terpadu Kepariwisataan yang berisi bahwa kepariwisataan di Kabupaten Tanggamus memerlukan pengembangan secara optimal baik wisata alam, wisata budaya maupun wisata buatan, mewujudkan dan memelihara kelestarian lingkungan dan budaya, serta mengembangkan objek dan daya tarik wisata agar kepariwisataan menjadi salah satu penggerak aktifitas perekonomian masyarakat disamping sebagai wahana penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan wisata. Namun disayangkan pengelolaannya masih dilakukan secara tradisional. Tidak mengherankan apabila sarana prasarana penunjang di lokasi wisata masih memprihatinkan. Adapun rumusan masalah yang diambil antara lain : 1).Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 06 Tahun 2019 tentang Pengembangan Pariwisata Terpadu di Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus ? 2).Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 06 Tahun 2019 tentang Pengembangan Pariwisata Terpadu di Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus ? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dam dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 06 Tahun 2019 Tentang Pengembangan Terpadu Kepariwisataan belum terimplementasi dengan baik dan maksimal. Untuk itu, dalam penelitian ini penulis juga akan memaparkan mengenai implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus No. 06 Tahun 2019 dan tinjauannya dalam sudut pandang dan kerangka fiqh siyasah yang menjadi acauan kita dalam penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana sesuai dengan tuntunan syari’at Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:49
Last Modified: 26 Jul 2023 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29089

Actions (login required)

View Item View Item