TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SYARAT ORANG TUA DALAM MENGANGKAT ANAK MENURUT PASAL 13 PP NOMOR 54 TAHUN 2007 (Studi pada Panti Asuhan Al-Marhamah di Kelurahan Bandar Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah)

ELI, SAFITRI (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SYARAT ORANG TUA DALAM MENGANGKAT ANAK MENURUT PASAL 13 PP NOMOR 54 TAHUN 2007 (Studi pada Panti Asuhan Al-Marhamah di Kelurahan Bandar Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal, BAB II dan Daftar Rujukan.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Orang tua angkat adalah orang yang diberi kekuasaan untuk merawat, mendidik, dan membersarkan anak berdasarkan peraturan perundang-undangan dan adat kebiasaan. Adapun dalam Pasal 13 PP Nomor 54 Tahun 2007 menjelaskan tentang persyaratan menjadi calon orang tua angkat. Dalam hal ini apakah sebuah panti asuhan sudah menerapkan ketentuan yang berlaku? Serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap Pasal 13 PP Nomor 54 ini? Atas permasalahan tersebut maka diadakan sebuah penelitian. Pada penelitian ini terdapat rumusan masalah yaitu yang pertama, bagaimana implementasi syarat orang tua dalam mengangkat anak menurut Pasal 13 PP Nomor 54 Tahun 2007 di Panti Asuhan Al-Marhamah Kelurahan Bandar Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah? Kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap syarat orang tua dalam mengangkat anak menurut Pasal 13 PP Nomor 54 Tahun 2007 di Panti Asuhan Al-Marhamah Kelurahan Bandar Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi syarat orang tua dalam mengangkat anak menurut Pasal 13 PP Nomor 54 Tahun 2007, dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap syarat orang tua dalam mengangkat anak menurut Pasal 13 PP Nomor 54 Tahun 2007 di Panti Asuhan Al-Marhamah. Adapun penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, pendekatan kualitatif adalah penelitian lapangan sehingga untuk memperoleh data peneliti melakukan wawancara. Sumber data yang digunkan berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dengan wawancara secara langsung, sumber data sekunder yaitu pendukung dari sumber data primer yang diperoleh dari Al-Qur'an, Hadis, buku literatur yang berhubungan dengan pokok permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, pertama implementasi Pasal 13 PP Nomor 54 Tahun 2007 tentang syarat orang tua angkat tidak diterapkan di Panti Asuhan Al-Marhamah, kemudian yang kedua dalam tinjauan hukum Islam terhadap syarat orang tua dalam mengangkat anak berdasarkan Pasal 13 PP Nomor 54 Tahun 2007 secara garis besar sesuai dengan kaidah hukum Islam, begitupun dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di Panti Asuhan Al-Marhamah mereka memiliki ketentuan yang sesuai dengan kaidah hukum Islam. Meskipun banyak pengembangan dalam ketentuannya namun secara umum memilki maksud dan arti yang sama, pengembangan ketentuan tersebut dikarenakan adanya penyesuaian dengan ajaran hukum Islam, kondisi zaman, dan lingkungan tempat tinggal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:52
Last Modified: 25 Jul 2023 07:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29082

Actions (login required)

View Item View Item