KEPEMIMPINAN KIAI IMAM SARBINI PADA PONDOK PESANTREN AL-FALAH IV DI DESA PENANTIAN KECAMATAN BANDING AGUNG KABUPATEN OKU SELATAN

Anggun, Kinanti (2023) KEPEMIMPINAN KIAI IMAM SARBINI PADA PONDOK PESANTREN AL-FALAH IV DI DESA PENANTIAN KECAMATAN BANDING AGUNG KABUPATEN OKU SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of ANGGUN FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK KEPEMIMPINAN KIAI IMAM SARBINI PADA PONDOK PESANTREN AL-FALAH IV DI DESA PENANTIAN KECAMATAN BANDING AGUNG KABUPATEN OKU SELATAN Oleh: ANGGUN KINANTI Permasalahan yang terdapat di dalam lingkungan pondok pesantren yauitu munculnya suatu pemikiran masyarakat bahwa pondok pesantren merupakan lembaga sosial yang terlalu berpikir klasik karena hanya mempelajari kitab-kitab kuning, sehingga hal tersebut dikhawatirkan tidak mampu membuat pola piker yang maju bagi santri-santri nya, dan akan terjadi kestatisan hidup yang tidak memiliki nilai-nilai kompetitif. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui kepemimpinan kiai yang diterapkan di pondok pesantren al-falah iv penantian dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dengan pendekatan ini penulis melakukan penelitian untuk menghasilkan data secra deskriptif yang terkait dengan kepemimpinan kiai dalam mengembangkan pondok pesantren. Dalam pengumpulan data penulis menggunankan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari observasi penulis dilapangan menunjukan bahwa pimpinan pondok pesantren memiliki kemampuan yang luar biasa dalam memanajmen dan memimpin lembaganya. Hal ini sangat terlihat jelas dari semakin bertambahnya para santri setiap tahunnya yang ingin menimba ilmu agama dan non agama di pondok pesantren tersebut, juga dapat dilihat dari sarana dan prasarana dalam belajar, serta pembangunan infrastruktur berupa bangunan semi permanen yang berdiri kokoh. Dalam menjawab tantangan zaman dalam lembaga yang di pimpinnya, maka pemimpin pondok pesantren melakukan upaya sebagai sebuah kebijakan yaitu mengkombinasikan pendidikan yang berbasis salafiyah dengan pendidikan formal. Kata kunci: kepemimpinan dan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:36
Last Modified: 25 Jul 2023 07:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29081

Actions (login required)

View Item View Item