HAK KEPEMILIKAN BARANG DALAM JUAL BELI DENGAN SISTEMARISAN MENURUT HUKUM ISLAM (StudiDi Toko IntanFurniturAnugrah Pratama Desa Muara Tembulih Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat)

AHMAT, TAQWA RIZA (2023) HAK KEPEMILIKAN BARANG DALAM JUAL BELI DENGAN SISTEMARISAN MENURUT HUKUM ISLAM (StudiDi Toko IntanFurniturAnugrah Pratama Desa Muara Tembulih Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI AHMAT TAQWA RIZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli adalah suatu perjanjian tukar menukar benda atau barang yang mempunyai nilai secara sukarela di antara kedua belah pihak, yang satu menerima benda-benda dan pihak lain menerima sesuai dengan perjanjian atau ketentuan yang telah dibenarkan Syara‟dan disepakati. Jual beli secara kredit ialah jual beli yang dilakukan dengan penyerahan barang di awal dan pembayarannya dilakukan secara berangsur atau dicicil dengan tempo waktu yang telah ditentukan oleh kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli. Masyarakat di Desa Muara Tembulih Kabupaten Pesisir Barat, Akad pembiayaan satu akad. Demikian Arisan seperti kredit disini memiliki sistem dimana barang tersebut akan diserahkan kepada pembeli dengan cara diundi dan dibayar perminggu sampai jatuh tempo yang telah ditentukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana PraktekJual Beli Dengan Sistem Arisan Di Toko Intan Furnitur Anugrah Pratama Desa Muara Tembulih Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat, dan Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Hak Kemilikan Barang Dalam Jual Beli Dengan Sistem Arisan,Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hak Kepemilikan Barang Dalam Jual Beli Dengan Sistem Arisan Di Toko Intan Furnitur Anugrah Pratama Desa Muara Tembulih Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif yang digunakan untuk mengkaji kondisi atau gejala alam dimana instrumen penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Penelitian ini bersifat deskriptif, dalam penelitian ini informasi yang diperoleh dapat berupa transkip hasil wawancara, catatan lapangan, dokumentasi., Berdasarkan hasil penelitian,bahwa Praktek Jual Beli Dengan Sistem Arisan di Toko Intan Furnitur Anugrah Pratama bahwa tidak termasuk riba dan dibolehkan dalam hukum Islam karena kedua belah pihak antara owner toko furnitur dan anggota arisan sudah melakukan kesepakatan, bahwasannya pihak owner toko furniture sudah memberitahu barang dan harganya dan pihak anggota arisan setuju dengan perjanjian tersebut, sehingga dalam hal ini peneliti menganggap bahwa hak kepemilikan barang dalam jual beli dengan sistem arisan di toko intan furnitur anugrah pratama tidak termasuk dalam unsur riba karena kedua belah pihak saling sepakat jadi tidak ada yang merasa dirugikan. Kata Kunci : Hukum Islam, Jual Beli, Hak Kepemilikan Barang, Arisan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:16
Last Modified: 25 Jul 2023 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29079

Actions (login required)

View Item View Item