ANALISIS LOSS LEARNING DI SMP INSAN MANDIRI PADA MASA PANDEMI COVID-19

WAHYUNI, FERLIA (2023) ANALISIS LOSS LEARNING DI SMP INSAN MANDIRI PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020 terkait Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona virus Disease (COVID-19) yang mana isinya terkait solusi yang dikeluarkan pemerintah agar tetap belajar dengan efektif, salah satu solusi tersebut yakni pembelajaran dilaksanakan melalui daring atau jarak sebagai langkah pencegahan menyebarnya virus di dalam dunia pendidikan. Pembelajaran daring yang dilakukan dari rumah menyebabkan kurang maksimalnya pembelajaran yang diterima oleh peserta didik tidak seperti yang biasa diterima di sekolah dalam pembelajaran langsung, hal ini yang menyebabkan Loss learning. Loss learning ialah istilah yang digunakan dalam menggambarkan adanya ketidak optimalan pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah ada Loss learning di SMP Insan Mandiri Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, karena penelitian ini akan langsung masuk ke obyek dan menggambarkan apa adanya mengenai objek yang diteliti, sehingga masalah akan ditemukan dengan jelas. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Guru, sedangkan teknik keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi teknik karena peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah adanya Loss learning sebenarnya sudah terjadi pada saat sebelum covid-19 misalkan peserta didik yang belum paham perkalian dan materi lainnya. Kemunculan covid-19 ini memperparah munculnya loss learning di SMP Insan Mandiri pada tahun pertama hanya 10-20% tetapi ditahun kedua mecapai 70-80% peserta didik yang mengalami Loss learning dari berbagai faktor. Kata Kunci: Loss learning, Pembelajaran Daring iv ABSTRACT The government issued a Circular Letter of the Ministry of Education and Culture Number 4 of 2020 regarding the Implementation of Education Policy in the Emergency Period of the Spread of Corona virus Disease (COVID-19), which contains solutions issued by the government to continue learning effectively, one of these solutions is that learning is carried out online or distance as a measure to prevent the spread of the virus in the world of education. Online learning that is carried out from home causes the learning received by students to be less than optimal, unlike what is usually received at school in direct learning, this causes Loss learning. Loss learning is a term used to describe the non-optimal learning that is carried out in schools. The purpose of this research is to see if there is Loss learning at Junior High School Insan Mandiri Bandar Lampung. Data collection methods used are interviews, observation and documentation. The data analysis used is qualitative analysis, because this research will go directly to the object and describe what it is about the object under study, so the problem will be found clearly. The data sources for this research are the Headmaster, Deputy Head of Curriculum and Teachers, while the validity of the research data used triangulation techniques because the researchers used data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation. The results in this study are that loss learning actually occurred before Covid-19, for example students who did not understand multiplication and other materials. The emergence of Covid-19 exacerbated the emergence of loss learning at Insan Mandiri Middle School in the first year of only 10-20% but in the second year it reached 70-80% of students who experienced loss learning from various factors. Keywords : Loss learning, Online Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:56
Last Modified: 25 Jul 2023 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29078

Actions (login required)

View Item View Item