PENGARUH PENGGUNAAN DIVERSITY DOLL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI RA KHOIRON TELUK BETUNG

Amila, Megasantri (2023) PENGARUH PENGGUNAAN DIVERSITY DOLL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI RA KHOIRON TELUK BETUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of AMILA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan kognitif anak usia dini yang baru mencapai sesuai perkembangan harus masih selalu ditingkatkan. Agar tujuan kognitif anak dapat tercapai, maka penggunaan metode dan media yang dilakukan harus sesuai dengan karakteristik anak. Kegiatan belajar sambil bermain dapat berlangsung secara efektif dan menyenangkan apabila metode dan media yang digunakan adalah yang dapat menarik perhatian anak, serta media pembelajaran perlu sesuai dengan kebutuhan, salah satu yang bisa diterapkan dalam pembelajaran yakni penggunaan diversity doll. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruh alat permainan edukatif (APE) yakni diversity doll terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Adapun rumusan masalahnya “Apakah terdapat pengaruh APE diversity doll terhadap Perkembangan Kognitif RA Khoiron Teluk Betung Bandar Lampung?” Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen posttest only control design. Dalam desain ini, terdapat dua kelompok yang digunakan yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik RA Khoiron Teluk Betung Bandar Lampung yang berjumlah peserta didik, sample yang digunakan kelas B dan B . Teknik pengumpulan data penelitian ini, dengan menggunakan pengamatan (observasi), dan dokumentasi (foto dan dokumen-dokumen) serta RPPH. Teknik analisis penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi for windows. Analisis uji prasyarat yang dilakukan untuk menghitung normalitas dengan uji kolmogorov smirnov, perhitungan homogenitas statistik pada kedua sampel (kelas B dan B ) dan analisis uji hipotesis menggunakan t-test atau uji t, dengan rumus Independent Samples Test. Uji reliabilitas menyebutkan hasil yang reliabel yaitu . Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi for windows diketahui besar pada output SPSS setelah dilakukan analisis uji t dengan Independent Samples Test sebesar . menggunakan taraf signifikan diperoleh t tabel .. Melalui kriteria uji jika thitung ≤ t tabel maka H diterima, ternyata t hitung ≤ t tabel yaitu . > sehingga H ditolak dan H diterima. Artinya penggunaan diversity doll dapat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di RA Khoiron Teluk Betung Bandar Lampung. Kata Kunci : Diversity doll, Perkembangan Kognitif iv ABSTRACT The cognitive development of early childhood who has just reached developmental milestones must always be improved. In order for children's cognitive goals to be achieved, the use of methods and media must be in accordance with the characteristics of the child. Learning activities while playing can take place effectively and fun if the methods and media used are those that can attract children's attention, and learning media need to be in accordance with needs, one that can be applied in learning is the use of diversity dolls. The purpose of this research is to find out how much influence the educational game tool (APE), namely the diversity doll has on the cognitive development of early childhood. The formulation of the problem is "Is there an influence of the APE diversity doll on the Cognitive Development of RA Khoiron Teluk Betung Bandar Lampung?" This study used a quantitative research method with a quasi�experimental posttest only control design method. In this design, there are two groups used, namely the experimental and control groups. The population used in this study were all RA Khoiron Teluk Betung students in Bandar Lampung, totaling students, the samples used were B and B classes. This research data collection technique, using observation (observation), and documentation (photos and documents) as well as RPPH. This research analysis technique uses the help of SPSS version for windows. Prerequisite test analysis was carried out to calculate normality with the Kolmogorov Smirnov test, calculating statistical homogeneity in both samples (classes B and B ) and analysis of hypothesis testing using the t-test or t-test, with the Independent Samples Test formula. The reliability test states a reliable result, namely . Based on the results of calculations carried out with the help of the SPSS version for windows program, it is known that the large output of SPSS after the t-test analysis was carried out with the Independent Samples Test of using a significant level of obtained t table . Through test criteria if tcount ≤ t table then H accepted it turns out that t count ≤ t table, namely > so that H is rejected and H is accepted. This means that the use of diversity dolls can affect the cognitive development of early childhood at RA Khoiron Teluk Betung Bandar Lampung. Keywords: Diversity doll, Cognitive Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:50
Last Modified: 25 Jul 2023 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29077

Actions (login required)

View Item View Item