PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DITINJAU DARI TEORI ABRAHAM H.MASLOW DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG

RIZKY, KARDIAFANNY (2023) PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DITINJAU DARI TEORI ABRAHAM H.MASLOW DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZKY KADIAFANNY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemberlakuan pembelajaran daring sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19, hal tersebut melahirkan persepsi positif dan negatif oleh mahasiswa terhadap pembelajaran daring. Dari temuan persepsi tersebut lalu ditinjau adakah keterkaitannya dengan teori kebutuhan Abraham H.Maslow. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring dan keterkaitannya dengan teori Abraham H.Maslow. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa PGMI UIN Raden Intan Lampung Tahun Angkatan 2019 terhadap pembelajaran daring ditinjaudari teori Abraham H.maslow. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi kritis. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara Nonprobability Sampling dengan pendekatan Purposive Sampling yaitu adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran secara daring sudah cukup baik. Sisi positif pembelajaran daring yakni mahasiswa menjadi lebih paham untuk mengoperasikan teknologi khususnya dalam bidang pendidikan, lebih mandiri dan bertanggung jawab dalam menjalankan proses pembelajaran, memudahkan mahasiswa untuk memperoleh nilai yang lebih baik, lebih efisien dan lebih fleksibel, nyaman, serta aman dari covid-19. Sisi negatif dari pembelajaran daring yaitu penyampaian materi pembelajaran yang kurang terserap dengan baik oleh mahasiswa, mahasiswa menjadi lalai dan kurang fokus, adanya kendala jaringan, bosan karena tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan teman serta kurangnya pengawasan langsung dari dosen. Persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran seraca daring terkait dengan teori Abraham H.Maslow yaitu kebutuhan fisiologis atau kebutuhan dasar terpenuhi, mahasiswa memilliki fasilias penunjang pembelajaran daring, kebutuhan rasa aman terpenuhi karena mahasiswa merasa aman dari bahaya covid-19, kebutuhan sosial tidak terpenuhi lantaran tidak dapat bertemu teman sejawat dan tidak bisa berinteraksi langsung dengan dosen, kebutuhan harga diri terpenuhi berkat penghargaan yang diberikan dosen atas usaha mahasiswa dalam pembelajaran daring sekaligus memberikan nilai yang baik untuk mahasiswa, dan kebutuhan aktualisasi diri terpenuhi lantaran mahasiswa merasa dalam pembelajaran daring mereka menjadi lebih termotivasi untuk menunjukan keunggulan dan mengembangkan potensinya. Kata Kunci:Persepsi Mahasiswa, Penelitian Kualitatif, Pembelajaran Daring, dan Teori Abraham H.Maslow. ABSTRACT This research is motivated by the implementation of online learning as an effort to prevent the spread of covid-19, it creates positive and negative perceptions by students towards online learning. From the findings of these perceptions, it is then reviewed whether there is a relationship with Abraham H. Maslow's theory of needs. The problem formulations in this study are: how are students' perceptions of online learning and its relationship with Abraham H. Maslow's theory. This study aims to determine the perceptions of PGMI UIN Raden Intan Lampung Class of 2019 students towards online learning in terms of Abraham H. Maslow's theory. This type of research is qualitative with a critical phenomenological study approach. Data collection uses observation, interviews and documentation. The sampling technique uses Nonprobability Sampling with a Purposive Sampling approach, which is a sampling technique with certain considerations. The results of this study indicate that student perceptions of online learning are quite good. From the positive side of online learning, namely students become more familiar with operating technology, especially in the field of education, more independent and responsible in carrying out the learning process, making it easier for students to get better grades, more efficient and more flexible, comfortable, and safe from covid-19. While the negative side of online learning is the delivery of learning materials that are not well absorbed by students, students become negligent and less focused, network constraints, bored because they cannot interact directly with friends and lack of direct supervision from lecturers. In students' perceptions of online learning related to Abraham H. Maslow's theory, namely physiological needs or basic needs are met, students have facilities to support online learning, security needs are met because students feel safe from the dangers of covid-19, social needs are not met because they cannot meet peers and cannot interact directly with lecturers, ego / self-esteem needs are met thanks to the appreciation given by lecturers for students' efforts in online learning while providing good grades for students, and self-actualization needs are met because students feel that in online learning they are more motivated to show excellence and develop their potential. Keywords: Student Perception, Qualitative Research, Online Learning, and Abraham H. Maslow Theory.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:41
Last Modified: 25 Jul 2023 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29076

Actions (login required)

View Item View Item