EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LAYANAN APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL (PSD) di PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG RADIN INTAN LAMPUNG

Heldinia, Anisa (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LAYANAN APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL (PSD) di PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG RADIN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK HELDINIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Teknologi hadir untuk mempermudah aktivitas masyarakat sosial sehari-hari. Dengan adanya teknologi mampu mempercepat dan memberikan dampak yang lebih efisien dan efektif bagi setiap individu. Pegadaian syariah memnfaatkan teknologi ini untuk memudahkan kinerja operasional/layanan bagi karyawan dan nasabah dengan meluncurkan aplikasi berbasis online yaitu Pegadaian Syariah Digital di tahun 2018. Tetapi di Pegadaian Syariah Cabang Radin Intan Lampung aplikasi ini masif digunakan pada awal Tahun 2020 di saat masa pandemi covid-19. Sehingga penulis tertarik melakukan penelitian lebih lanjut terkait aplikasi ini dengan merumuskan masalah yang bertujuan untuk (1) mengetahui pengoperasionalan aplikasi Pegadaian Syariah Digital di Pegadaian Syariah Cabang Radin Intan Lampung (2) mengetahui efektivitas pelayanan aplikasi Pegadaian Syariah Digital di Pegadaian Syariah Cabang Radin Intan Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif . Sumber data penelitian ini berupa data primer yang didapatkan secara langsung dari responden melalui observasi dan wawancara mendalam dengan pihak Pegadaian dan nasabah Pegadaian Syariah Cabang Radin Intan Lampung dan data sekunder yang di peroleh dari buku-buku dan referensi lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini.Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penelitian, penulis menggunakan Teori E-Servqual yang dikemukakan oleh Zeithaml tentang kualitas jasa layanan online. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan temuan data yaitu (1) Pengoperasionalan layanan aplikasi PSD di Pegadaian Syariah Cabang Radin Intan Lampung sudah berjalan dengan lancar dan baik yang tentunya untuk mengaktifkannya memerlukan tahapan�tahapan yang akan dibantu oleh pihak pegadaian dan (2) Aplikasi ini dapat dikatakan efektif dan efisien, dengan hasil temuan yang menunjukkan hanya 1 indikator yang belum terpenuhi dari 7 indikator yang diuji yaitu fullfilment, tingkat keakuratan dan seberapa cepat dan tepat aplikasi ini merespon permintaan nasabah dalam bertransaksi online. Kata Kunci : Efektivitas, Pegadaian Syariah, Pegadaian Syariah Digital (PSD) iii ABSTRACT Technology is here to facilitate everyday social activities. With the existence of technology, it is able to accelerate and provide a more efficient and effective impact for each individual. Pegadaian Syariah utilizes this technology to facilitate operational/service performance for employees and customers by launching an online�based application, namely Pegadaian Syariah Digital in 2018. However, at the Radin Intan Lampung Branch Sharia Pegadaian this application was massively used in early 2020 during the Covid-19 pandemic. So the authors are interested in conducting further research related to this application by formulating a problem that aims to (1) find out the operationalization of the Digital Sharia Pawnshop application at the Sharia Pawnshop Radin Intan Lampung Branch (2) find out the effectiveness of the Digital Sharia Pawnshop application service at the Sharia Pawnshop Branch of Radin Intan Lampung. This study uses a qualitative method that is descriptive. The data source for this research is primary data obtained directly from respondents through observation and in-depth interviews with Pegadaian and Sharia Pawnshop customers of the Radin Intan Lampung Branch and secondary data obtained from books and other references related to this research. Collection techniques data in the form of observations, interviews and documentation. In analyzing research data, the authors use the E-Servqual Theory proposed by Zeithaml about the quality of online services. The research results obtained are based on data findings, namely (1) The operation of the PSD application service at the Sharia Pawnshop of the Radin Intan Lampung Branch has been running smoothly and well which of course requires steps to be assisted by the pawnshop to activate it and (2) This application can be said effective and efficient, with findings showing only 1 indicator that has not been met out of 7 indicators tested, namely fullfillment, level of accuracy and how quickly and precisely this application responds to customer requests in online transactions. Keywords: Effectiveness, Pegadaian Syariah, Pegadaian Syariah Digital (PSD)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:34
Last Modified: 25 Jul 2023 04:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29072

Actions (login required)

View Item View Item