UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DI MTsN 2 BANDAR LAMPUNG

Alda, Indriani (2023) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DI MTsN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALDA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kinerja Guru adalah hasil kerja baik secara kulitas maupun kuantitas yang di capai oleh guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang di berikan kepadanya. Berdasarkan hasil pra penelitian , penulis menemukan bahwa dalam proses pelaksanaannya kepala madrasah dan tenaga pendidiknya selalu berusaha dalam menyamakan persepsi secara bersama-sama meningkatkan motivasi dalam meningkatkan kemampuan profesionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja pendidik di MTsN 2 Bandar Lampung yang berkaitan tentang 1) pembinaan kinerja guru, 2) pengawasan kinerja guru, 3) pemberian motivasi dan 4) pengevaluasian kinerja guru Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana subyek penelitian adalah, kepala madrasah, wakil kepala madrasah, waka kurikulum , waka kesiswaan dan guru. Metode yang penulis gunakan dalam pengumpulan data pada penulisan skripsi ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang akan menggambarkan bagaimana upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja pendidik di MTsN 2 Bandar Lampung. Dalam penerapannya juga tidak lepas dari permasalahan yang menjadi kendala terhadap pelaksanaan terhadap pelaksanaan peningkatan kinerja untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya : Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja pendidik dilakukan iv dengan pembinaan terhadap kinerja guru yang diadakan oleh kemenag , dinas pendidikan maupun madrasah itu sendiri yaitu dengan mengikutsertakan para guru melalui pelatihan dan seminar. Kedua melakukan pengawasan terhadap kinerja guru melalui supervisi kelas dengan cara memantau langsung ke kelas saat guru sedang mengajar ( observasi ) . Kepala madrasah selalu memberikan motivasi kepada guru saat rapat rutin, dan memberikan dorongan-dorongan serta saran-saran untuk membangkitkan semangat guru berupa reward ( penghargaan ).. Dan terakhir mengadakan evaluasi terhadapat proses dan hasil kerja (kinerja) guru oleh kepala madrasah agar mengetahui sejauh mana keberhasilan kepala madrasah dan para guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Kata kunci : Kepala Madrasah , Kinerja Guru v ABSTRACT Teacher performance is the result of work both in quality and quantity achieved by the teacher in carrying out his duties in accordance with the responsibilities given to him. Based on the results of pre-research, the author found that in the process of implementation, the madrasah head and his teaching staff always try to equalize perceptions together to increase motivation in improving their professional abilities. This study aims to describe the efforts of the madrasah head in improving the performance of educators at MTsN 2 Bandar Lampung related to 1) Teacher Performance Coaching, 2) Supervision of Teacher Performance, 3) Providing Motivation and 4) Evaluating Teacher Performance. This research uses a qualitative descriptive approach, where the research subjects were, Head of madrasah, vice principal, head of curriculum, head of student affairs and teachers. The methods that the author used in collecting data in writing this thesis were observation, interviews, and documentation that will describe how the madrasah principal's efforts in improving educator performance at MTsN 2 Bandar Lampung. In it was application, it is also inseparable from the problems that become obstacles to the implementation of performance improvement to collect the necessary data, the author used several data collection methods, namely interviews, observation, and documentation. Then analyzed using data analysis consisting of data reduction stages, data presentation, and data validity testing. The results showed that: The efforts of the madrasah principal in improving the performance of educators were carried out by fostering the performance of teachers held by the Ministry of Religious Affairs, the education office and the madrasah itself, vi namely by involving teachers through training and seminars. Second, supervising teacher performance through classroom supervision by monitoring directly into the classroom when the teacher was teaching (observation). The madrasah head always motivates teachers during routine meetings, and provides encouragement and suggestions to arouse the enthusiasm of teachers in the form of rewards. And finally, an evaluation of the process and results of the work (performance) of teachers by the madrasah principal to determine the extent of the success of the madrasah principal and teachers in carrying out their duties and responsibilities Keywords: Madrasah Principal , Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:06
Last Modified: 25 Jul 2023 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29068

Actions (login required)

View Item View Item