Yesi, Lidiana (2023) IMPLEMENTASI KEGIATAN 3M (MENGGAMBAR, MEROBEK, DAN MENEMPEL) DALAM PERKEMBANGAN VISUAL SPASIAL ANAK DI TK ISLAM BINA BALITA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Kegiatan 3M (Menggambar, Merobek dan Menempel) merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pengembangan visual spasial anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan 3M (Menggambar, Merobek dan Menempel) dalam memperbaiki kemampuan visual spasial anak. Penelitian ini juga mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul selama implementasi kegiatan tersebut dan mencari solusi yang tepat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pentingnya kegiatan 3M( menggambar merobek dan menempel) dalam pengembangan visual spasial anak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan 3M (Menggambar, Merobek, dan Menempel) dalam perkembangan visual spasial anak di TK Islam Bina Balita Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data pada penelitian ini didapat dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi ditujukan kepada kelompok B TK Islam Bina Balita Bandar Lampung yang berjumlah 16 anak. Kemudian wawancara dilakukan kepada guru kelompok B yaitu Ibu Sundari, S.Pd. dan dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan informasi berupa bukti gambar, video, dll. Berdasarkan hasil penelitian dan temuan yang ada menunjukan bahwa kegiatan 3M (Menggambar, Merobek, dan Menempel) memiliki potensi yang positif untuk memperkaya perkembangan visual spasial anak, dengan menggunakan langkah-langkah yaitu: a) persiapan dimulai dengan guru menjelaskan langkah-langkah dalam melakukan kegiatan 3M (Menggambar, Merobek, dan Menempel) dan kemudian mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, b) pelaksanaan, guru terlebih dahulu menjelaskan dan memberikan contoh kepada anak, c) mengamati dan membimbing proses kerja anak, guru mengamati apakah anak bisa memahami dan melakukan sesuai dengan yang diajarkan oleh guru, d) guru melakukan penilaian dan evaluasi kepada anak. Dalam penelitian ini anak-anak kelompok B menunjukkan peningkatan kemampuan dalam hal persepsi visual, pemahaman spasial, dan koordinasi mata-tangan. juga mengembangkan keterampilan manipulatif yang diperlukan untuk kegiatan menggambar, merobek, dan menempel. Selain itu, kegiatan 3M ini juga meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak-anak, dengan persentas anak-anak kelompok B yang Mulai Berkembang sebanyak 4 anak dengan persentasi 25%, anak yang Berkembang Sesuai Harapan seabanyak 9 anak dengan persentasi 56%, dan anak yang Berkembang Sangat Baik sebanyak 3 anak dengan persentasi 19%, dan berdasarkan hasil penelitian tersebutTK Islam Bina Balita Bandar Lampung dalam tahap berkembang sesuai harapan. Kata Kunci : kegiatan 3M (Menggambar, Merobek, dan Menempel), perkembangan kecerdasan visual spasial anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 03:58 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 03:58 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29067 |
Actions (login required)
View Item |