PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS VII

SITI, MUNAWAROH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS VII. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi Siti Munawaroh 1911050409.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang diperlukan oleh peserta didik sebagai penunjang dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Berdasarkan hasil penelitian mata pelajaran matematika bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di SMP PGRI 6 Bandar Lampung masih rendah, dilihat dari proses peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan matematika masih banyak peserta didik yang tidak memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh pendidik sehingga peserta didik belum mampu menyelesaikan masalah matematika dengan baik. Selain itu, kurang bervariasinya model pembelajaran. Dalam mengatasi masalah tersebut, penulis menerapkan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFAE) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dengan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah berupa tes uraian dan angket. Teknik analisis data menggunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji Anova 3 Jalan. Berdasarkan data yang telah didapat maka diterima dan nilai α kriteria uji = 0,05 yang berarti p-value lebih besar dibandingkan nilai α kriteria uji. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFAE) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari aktivitas dan kreativitas peserta didik kelas VII. Kata kunci : Student Fasilitator And Explaining (SFAE), kemampuan pemahaman konsep matematis, aktivitas dan kreativitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:48
Last Modified: 25 Jul 2023 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29058

Actions (login required)

View Item View Item