IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA INDUSTRI PARIWISATA DAN PERHOTELAN DI ERA PEMULIHAN PASCA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIFBISNIS SYARIAH (Studi pada Tour and Travel dan Hotel Syariah di Provinsi Lampung)

ASFIATUL, FAUZIYAH (2023) IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA INDUSTRI PARIWISATA DAN PERHOTELAN DI ERA PEMULIHAN PASCA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIFBISNIS SYARIAH (Studi pada Tour and Travel dan Hotel Syariah di Provinsi Lampung). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of TESIS_ASFIATUL FAUZIYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi covid-19 berdampak terhadap sektor ekonomi sangat besar, hingga melumpuhkan perekonomian global, termasuk salah satunya di wilayah Indonesia yaitu di Provinsi Lampung. Industri pariwisata dan perhotelan di Provinsi Lampung masih terdampak pasca pandemi covid-19 sehingga dibutuhkan strategi yang tepat untuk tetap bertahan dalam menjalankan bisnis melalui pemanfaatan digital marketing. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain yaitu: 1) Bagaimana kondisi dan strategi industri pariwisata serta perhotelan di Provinsi Lampung pada masa pandemi hingga pasca pandemi covid�19, 2) Bagaimana implementasi digital marketing pada industri pariwisata dan perhotelan di Provinsi Lampung di era pemulihan pasca pandemi covid- 19, 3) Bagaimana tinjauan bisnis syariah terhadap implementasi digital marketing pada industri pariwisata dan perhotelan di Provinsi Lampung di era pemulihan pasca pandemi covid-19. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, melalui pendekatan induktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer (melalui observasi dan wawancara) dan data sekunder. Hasil penelitian ini antara lain yaitu: 1) Kondisi industri pariwisata serta perhotelan di Provinsi Lampung pada masa pandemi hingga pasca pandemi covid- 19 mengalami perubahan pola kebiasaan serta karakter sehingga mempengaruhi pemilihan strategi dalam upaya mempertahankan bisnisnya. Strategi yang dipilih oleh industri pariwisata dan perhotelan di Provinsi Lampung di era pemulihan pasca pandemi covid- 19 yakni melalui digital marketing. 2) Implementasi digital marketing pada industri pariwisata dan perhotelan di Provinsi Lampung di era pemulihan pasca pandemi covid- 19 melalui optimalisasi pemanfaatan media sosial terutama whatsapp dan instagram. 3) Implementasi digital marketing pada industri pariwisata dan perhotelan di Provinsi Lampung di era pemulihan pasca pandemi covid-19 selaras dengan bisnis syariah. Kata kunci : Digital Marketing, Pariwisata dan Perhotelan, Pasca Pandemi Covid-19 vii ABSTRACT The Covid-19 pandemic has had a huge impact on the economic sector, paralyzing the global economy, including one in Indonesia, namely Lampung Province. The tourism and hospitality industry in Lampung Province is still being affected after the Covid-19 pandemic, so the right strategy is needed to continue running a business through the use of digital marketing. The formulation of the problems in this research include: 1) What are the conditions and strategies of the tourism and hospitality industry in Lampung Province during the pandemic to the post-covid-19 pandemic, 2) How is the implementation of digital marketing in the tourism and hospitality industry in Lampung Province during the post�covid-19 pandemic recovery era, 3) How is the sharia business review of the implementation of digital marketing in the tourism and hospitality industry in Lampung Province in dealing with the post�covid-19 pandemic. The research method in this study is descriptive qualitative, through an inductive approach. This type of research is field research or field research. Sources of data in this study are primary data (through observation and interviews) and secondary data. The results of this study include: 1) The condition of the tourism and hospitality industry in Lampung Province during the pandemic to post-covid-19 pandemic experienced changes in habit patterns and character that influenced the selection of strategies in an effort to maintain their business. The strategy chosen by the tourism and hospitality industry in Lampung Province during the post-covid-19 pandemic recovery era is through digital marketing. 2) Implementation of digital marketing in the tourism and hospitality industries in Lampung Province during the post-covid-19 pandemic recovery era through optimizing the use of social media, especially WhatsApp and Instagram. 3) The implementation of digital marketing in the tourism and hospitality industry in Lampung Province during the post-covid-19 pandemic recovery era is aligned with sharia business. Keywords: Digital Marketing, Tourism and hospitality, Post Covid�19 pandemic viii خالصت كاٌ نىباء كىفٍذ - ٩١ تأثٍش كبٍش ػهى انقطاع االقتصادي ، وشم االقتصاد انؼانًً ، بًا فً رنك واحذ فً إَذوٍَسٍا ، وهى يقاطؼت اليبىَج. ال تزال صُاػت انسٍاحت وانضٍافت فً يقاطؼت اليبىَج تتأثش بؼذ جائحت كىفٍذ - ٩١ ، نزا فإٌ االستشاتٍجٍت انصحٍحت ضشوسٌت نهبقاء ػهى قٍذ انحٍاة فً إداسة األػًال انتجاسٌت يٍ خالل استخذاو انتسىٌق انشقًً. تتضًٍ صٍاغت انًشكالث فً هزا انبحث يا ٌهً: ٩ )يا هً ششوط واستشاتٍجٍاث صُاػت انسٍاحت وانضٍافت فً يقاطؼت اليبىَج خالل جائحت يا بؼذ كىفٍذ - ٩١ ، ٢ )كٍف ٌتى تُفٍز انتسىٌق انشقًً فً صُاػت انسٍاحت وانضٍافت فً يقاطؼت اليبىَج خالل حقبت انتؼافً بؼذ انجائحت؟ وباء كىفٍذ - ٩١ ، ٣ )يا هى استؼشاض أػًال انششٌؼت فً تُفٍز انتسىٌق انشقًً فً صُاػت انسٍاحت وانضٍافت فً يقاطؼت اليبىَج فً انتؼايم يغ يا بؼذ وباء كىفٍذ - ٩١. يُهج انبحث فً هزِ انذساست وصفً َىػً ، يٍ خالل يُهج استقشائً. هزا انُىع يٍ انبحث هى بحث يٍذاًَ أو بحث يٍذاًَ. يصادس انبٍاَاث فً هزِ انذساست هً انبٍاَاث األونٍت )يٍ خالل انًالحظت وانًقابالث( وانبٍاَاث انثاَىٌت. تشًم َتائج هزِ انذساست يا ٌهً: ٩ )شهذث حانت صُاػت انسٍاحت وانضٍافت فً يقاطؼت اليبىَج أثُاء انجائحت إنى جائحت يا بؼذ كىفٍذ - ٩١ تغٍشاث فً أًَاط انؼاداث وانشخصٍت انتً أثشث فً اختٍاس االستشاتٍجٍاث فً يحاونت نهحفاظ ػهى أػًانهى. . االستشاتٍجٍت انتً اختاستها صُاػت انسٍاحت وانضٍافت فً يقاطؼت اليبىَج خالل حقبت انتؼافً يٍ جائحت كىفٍذ - ٩١ هً يٍ خالل انتسىٌق انشقًً. ٢ )تُفٍز انتسىٌق انشقًً فً صُاػت انسٍاحت وانضٍافت فً يقاطؼت اليبىَج خالل حقبت انتؼافً يٍ جائحت يا بؼذ كىفٍذ - ٩١ يٍ خالل تحسٍٍ استخذاو وسائم انتىاصم االجتًاػً ، وخاصت واتسأفى و اَستغشاو ٣ٌ )تًاشى تُفٍز انتسىٌق انشقًً فً صُاػت انسٍاحت وانضٍافت فً يقاطؼت اليبىَج خالل حقبت انتؼافً يٍ جائحت يا بؼذ كىفٍذ - ٩١ يغ أػًال انششٌؼت الكلمات المفتاحية: انتسىٌق انشقًً ، انسٍاحت وانضٍافت ، جائحت يا بؼذ كىفٍذ ٩١ -

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:06
Last Modified: 24 Jul 2023 08:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29055

Actions (login required)

View Item View Item