ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH BIOLOGI BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Yulianti, Eka (2018) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH BIOLOGI BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Eka_Yulianti_1311060156_Pendidikan_Biologi_2103_UIN_RIL.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Biologi merupakan bagian dari bidang sains yang membutukan pemahaman konsep yang baik, Biologi memiliki konten berbasis masalah yang butuh untuk diselesaikan dengan baik. Fakta di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung menunjukkan bahwa peserta didik menghafal konsep bukan memahami konsep dan menglami kesulitan dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep dan pemecahan masalah Biologi berdasarkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik, observasi, tes, dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan teknik reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dari data tersebut. Beberapa data yang diperoleh secara kualitatif akan di konversikan ke dalam penskoran kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan, peserta didik yang berkemampuan berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah miliki hasil yang berbeda-beda. Rerata aktivitas pemahaman konsep tinggi sebesar 87,00% dengan rerata hasil tes pemahaman konsep 55,80%, untuk rerata aktivitas pemecahan masalah tinggi sebesar 86% dengan rerata hasil tes pemecahan masalah tinggi 70,44%. Rerata untuk aktivitas pemahaman konsep sedang sebesar 67,75% dengan rerata hasil tes pemahaman konsep sedang 44%, untuk rerata aktivitas pemecahan masalah sedang sebesar 76% dengan rerata hasil tes pemecahan masalah sedang 54%. Rerata untuk aktivitas pemahaman konsep rendah sebesar 55,36% dengan rerata hasil tes pemahaman konsep rendah 24,68%, untuk rerata aktivitas pemecahan masalah rendah sebesar 56% dengan rerata hasil tes pemecahan masalah rendah 47,90%. Disimpulkan bahwa peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis tinggi tidak secara otomatis memiliki pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang tinggi, begitu juga sebaliknya peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis rendah belum tentu memiliki pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang rendah juga. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 03:53
Last Modified: 09 Jan 2018 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2905

Actions (login required)

View Item View Item