PENGARUH TINGKAT KESEHATAN BANK TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RGEC (Studi Kasus Pada Bank BCA dan Bank BCA Syariah Periode 2017-2021)

ANITA, TRI MILZA (2023) PENGARUH TINGKAT KESEHATAN BANK TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RGEC (Studi Kasus Pada Bank BCA dan Bank BCA Syariah Periode 2017-2021). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANITA TRI MILZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kinerja bank merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan dalam kegiatan perbankan. Kinerja bank akan menunjukan kemampuan suatu perusahaan untuk mengelola dan mengalokasikan sumberdaya, oleh karena itu, untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik, bank dituntut dalam keadaan sehat berdasarkan prinsip kehati-hatian. Penilaian tingkat kesehatan bank saat ini diukur dengan metode Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, dan Capital (RGEC), hal ini berlandaskan pada Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia (PBI) No. 13/1/PBI/2011 tentang penilaian tingkat kesehatan bank, sedangkan untuk teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori sinyal dan teori agensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat komparatif dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Sampel yang digunakan adalah kinerja keuangan per�triwulan tahun 2017-2021 sebanyak 20 sampel. Data diperoleh secara sekunder melalui laporan per-triwulan yang dipublikasikan melalui situs web masing-masing perbankan pada tahun 2017-2021. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan eviews 10. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pada Bank BCA semua variabel berada pada peringkat komposit-1 (PK-1) yang sangat sehat. Untuk Bank BCA Syariah hanya komponen NPF dan CAR pada komposit-1 (PK-1), secara parsial terdapat perbedaan yang signifikan pada kedua bank tersebut terkait variabel yang mempengaruhi profitabilitasnya yaitu NPL dan BOPO pada Bank BCA sedangkan pada Bank BCA Syariah yaitu BOPO dan CAR, secara simultan tidak terdapat perbedaan, dimana semua variabel tingkat secara bersama�sama berpengaruh signifikan terhadap profitabilitasnya, yaitu pada Bank BCA (Sig 0.00 < 0.05) dan Bank BCA Syariah (Sig 0.00 < 0.05) sehingga dengan nilai RGEC yang tinggi maka akan memberikan hasil yang sehat pada profitabilitas suatu perbankan tersebut. Kata Kunci : Tingkat Kesehatan Bank, Profitabilitas, RGEC

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:25
Last Modified: 24 Jul 2023 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29048

Actions (login required)

View Item View Item