TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMBAYARAN ZAKAT HASIL PANEN GETAH KARET (Studi di Kampung Bandar Dalam Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan)

RINA, FITRI ANI (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMBAYARAN ZAKAT HASIL PANEN GETAH KARET (Studi di Kampung Bandar Dalam Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RINA FITRI ANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Perkebunan Karet merupakan komoditi utama dalam mata pencarian dari masyarakat di Kampung Bandar Dalam Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan hal ini menjadikan pendapatan masyarakat yang sebagian besar bersumber pada perkebunan karet ini memungkinkan untuk para masyarakat yang berprofesi sebagai petani karet untuk mengeluarkan zakat hasil panen getah karet. Namun yang terjadi dalam praktik pembayaran hasil panen perkebunan karet berbeda dengan ketentuan zakat perkebunan, petani karet menggunakan praktik pembayaran zakat perdagangan atau emas yang dihitung setiap kali panen (satu bulan sekali) tidak diakumulasikan seperti zakat perkebunan yang praktik pembayaran zakatnya sesuai haul yaitu satu tahun sekali. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana praktik pembayaran zakat hasil panen getah karet di Kampung Bandar Dalam, Kecamatan Negeri Agung, Kabupaten Way Kanan dan bagaimana tinjauan hukum islam terhadap praktik pembayaran hasil panen getah karet. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik pembayaran zakat hasil panen getah karet di Kampung Bandar Dalam Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan dan untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap praktik pembayaran zakat hasil panen getah karet. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu riset yang bersumber langsung pada petani karet di Kampung Bandar Dalam Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan dengan menggunakan metode wawancara (interview) yang dilakukan dengan cara tanya jawab dengan responden secara langsung dan dokumentasi yang diperoleh dari buku-buku, dokumen atau arsip yang menunjang penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian masyarakat mengeluarkan zakatnya sebesar 2.5% dalam setiap hasil panen per bulan, dan hal tersebut sudah terjadi sejak lama iii dan turun-temurun. Sebagian lagi mereka mengeluarkan zakatnya pada setiap kali panen berapapun hasilnya. Akan tetapi tidak sedikit juga masyarakat yang tidak mengeluarkan zakatnya. Ditinjau dari hukum Islam dalam praktik pembayaran zakat hasil perkebunan karet bahwasannya pelaksanaan zakat hasil perkebunan karet di Kampung Bandar Dalam masih belum sesuai dengan ketentuan zakat perkebunan karena sebagian besar petani yang melaksanakan zakat tidak mengetahui tentang berapa nishab atau batas minimal wajib zakat karet. Kata Kunci : Praktik Zakat, Petani Karet, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:22
Last Modified: 24 Jul 2023 07:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29047

Actions (login required)

View Item View Item