IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS BANDAR AGUNG KECAMATAN BANDAR SRIBHAWONO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Novi, Herawati (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS BANDAR AGUNG KECAMATAN BANDAR SRIBHAWONO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK NOVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kualitas pendidikan nasional saat ini kondisinya masih rendah.Hal ini dilihat dari berbagai bentuk permasalahan yang menyangkut berbagai bidang pendidikan yang multidimensional.Salah satu permasalahan tersebut timbul dari lemahnya pendidikan karakter. Akhir-akhir ini memang banyak peningkatan prestasi intelektual dari anak-anak Indonesia dalam bidang sains namun kemunduran justru terjadi pada aspek lain yang sangat penting yaitu moralitas dan karakter. Kemunduran pada aspek ini menyebabkan krisis pendidikan karakter dalam dunia pendidikan di Indonesia.Pendidikan karakter haruslah diupayakan seoptimal mungkin agar dapat memunculkan semangat berprestasi anak bangsa baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Karena pada saat ini lembaga pendidikanlah yang menjadi pintu terdepan dalam pembinaan pendidikan karakter yang memadai, maka dari lembaga pendidikan inilah lahir generasi muda masa depan bangsa yang dapat diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam berbagai bidang sesuai keahlian mereka. Berdasarkan dari latar belakang masalah di atas dapat di ambil rumusan masalah tentang Implementasi Pendidikan karakter Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Bandar Agung Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Bandar Agung Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur.Sedangkan untuk metode penelitiannya penulis menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwasannya pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Bandar Agung Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur memakai strategi pelaksanaan dan pengintegrasian serta dengan metode seperti tauladan, pembiasaan, nasehat, disiplin siswa serta metode pujian dan hukuman. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter dan Akidah Akhlak. iii ABSTRACT The current quality of national education is still low. This can be seen from the various forms of problems involving various multidimensional fields of education. One of these problems arises from the weakness of character education. Lately there has been a lot of improvement in the intellectual achievements of Indonesian children in the field of science but the setback has occurred in other very important aspects, namely morality and character. The setback in this aspect causes a character education crisis in the world of education in Indonesia. Character education must be pursued as optimally as possible so that it can bring out the spirit of achievement of the nation's children both in the school environment and outside of school. Because at this time educational institutions are the front door in fostering adequate character education, it is from these educational institutions that the future young generation of the nation is born who can be expected to be able to contribute in various fields according to their expertise. Based on the background of the problem above, it can be taken to formulate the problem regarding the Implementation of Character Education in the Aqidah Akhlak Subject at MTs Bandar Agung, Bandar Sribhawono District, East Lampung Timur. The purpose of this study was to find out how the implementation of character education in the subject of moral ethics at MTs Bandar Agung, Bandar Sribhawono District, East Lampung Regency. As for the research method the author uses the observation method, interview method and documentation method. The results of the research conducted by the author can be conveyed that the implementation of character education in the subject of aqidah morals at MTs Bandar Agung, Bandar Sribhawono District, East Lampung Regency uses an implementation and integration strategy and with methods such as role models, habituation, advice, student discipline and praise and punishment methods. Keywords: Implementation of Character Education and Moral Beliefs

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2023 05:09
Last Modified: 24 Jul 2023 05:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29039

Actions (login required)

View Item View Item