EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK CBT (COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY) DALAM MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG

DESNA, FITRIA RAMADHINA (2023) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK CBT (COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY) DALAM MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of DESNA FITRIA RAMADHINA 1711080029 BKPI FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bullying adalah serangkaian aksi negatif yang seringkali agresif dan manipulatif yang dilakukan oleh satu/lebih orang terhadap orang lain/beberapa orang selama kurun waktu tertentu bermuatan kekerasan dan melibatkan ketidakseimbangan kekuatan. Tujuan di adakan nya penelitian ini untuk mengetahui penurunan perilaku bullying dengan menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik CBT (cognitive behavior therapy). Peneliti mengambil judul skripsi ( Efektifitas Konseling CBT Dalam Mengurangi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 14 Bandar Lampung ), dengan jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kuantatif pre-eksperimental disign dengan non�equivalent control group design. Subjek penelitian dalam penelitian ini beranggotakan 20 peserta didik kelas VIII SMP negeri 14 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku bullying pada peserta didik dapat dikurangi berdasarkan hasil pretest dan posttest kelompok esperimen yang diperoleh hasil perhitungan pengujian dengan menggunakan uji wilcoxon menggunakan SPSS yang dimana hasil dari penelitian ini dngan demikian kesimpulannya bahwa perilaku bullying peserta didik di Negeri 14 Bandar Lampung mengalami perubahan setelah diberikannya layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik CBT (cognitive behavior therapy). Kata Kunci : konseling kelompok, cognitive behavior therapy, bullying. iii ABSTRACT Bullying is a series of negative actions that are often aggressive and manipulative, which are carried out by one/more people against other people/several people over a certain period of time, charged with violence and involving an imbalance of power. The aim of this research was to find out the reduction in bullying behavior by using group counseling services using the CBT (cognitive behavior therapy) technique. On this occasion the researcher took the title of the thesis (Effectiveness of CBT Counseling in Reducing Bullying Behavior in Class VIII Students of SMP N 14 Bandar Lampung), with the type of research that the researcher used was a quantitative pre-experimental design with a non�equivalent control group design. The research subjects in this study consisted of 20 class VIII students of SMP Negeri 14 Bandar Lampung. The results of this study indicate that bullying behavior in students can be reduced based on the results of the pretest and posttest of the experimental group which obtained the results of the test calculations using the Wilcoxon test using SPSS where the results of this study thus conclude that bullying behavior of students in Negeri 14 Bandar Lampung experiences changes after the provision of group counseling services using CBT (cognitive behavior therapy. Keywords: group counseling, cognitive behavior therapy, bullying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:38
Last Modified: 24 Jul 2023 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29034

Actions (login required)

View Item View Item