PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN DENGAN SOFTWARE AUTOGRAPH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR

EVI, MAULIDAYANA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN DENGAN SOFTWARE AUTOGRAPH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian di SMA Negeri 1 Cukuh Balak diketahui bahwa pemahaman konsep dan minat belajar pada peserta didik dikatakan rendah, terlihat dari hasil pra survey. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengatur pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan berbantuan software autogaph terhadap kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasy eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Cukuh Balak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak kelas atau cluster random sampling dimana kelas X IPA 2 sebagai kelas ekperimen dengan model pembelajaran creative problem solving dengan berbantuan software autograph dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Manova menggunakan aplikasi SPSS 26 diperoleh nilai sig < 0,05 sehingga ditolak. Kesimpulannya bahwa (1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbantuan software autograph terhadap kemampuan pemahaman konsep. (2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbantuan software autograph terhadap minat belajar peserta didik. (3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbantuan software autograph terhadap kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik. Kata Kunci : Model pembelajaran Creative Problem Solving, Pemahaman Konsep , Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:18
Last Modified: 24 Jul 2023 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29031

Actions (login required)

View Item View Item