PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU APLIKASI YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS DAN RESILIENSI MATEMATIS PESERTA DIDIK

LILI, NURPRATIWI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU APLIKASI YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS DAN RESILIENSI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan generalisasi matematis dan resiliensi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kebun Tebu tergolong kategori rendah dimana peserta didik masih mendapatkan nilai di bawah standar penilaian, dari 97 peserta didik yang mencapai nilai KKM hanya sebanyak 22 peserta didik. Penulis tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan generalisasi matematis dan resiliensi matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantu aplikasi youtube terhadap kemampuan generalisasi matematis dan resiliensi matematis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment Design dengan sampel penelitian peserta didik kelas VIII A, VIII C dan VIII D SMP Negeri 1 Kebun Tebu. Teknik pengambilan sampel yang adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan perhitungan uji MANOVA, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantu aplikasi youtube terhadap kemampuan generalisasi matematis dan resiliensi matematis peserta didik. Terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantu aplikasi youtube terhadap kemampuan generalisasi matematis peserta didik. Terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantu aplikasi youtube terhadap resiliensi matematis peserta didik. Kata kunci : Model pembelajaran flipped classroom, generalisasi matematis, resiliensi matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:11
Last Modified: 24 Jul 2023 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29030

Actions (login required)

View Item View Item