STRATEGI PEMASARAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) AR-RAHMAH JAYA MULIA CABANG GUNUNG TERANG LAMPUNG TIMUR

Nadya, Novita Sari (2023) STRATEGI PEMASARAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) AR-RAHMAH JAYA MULIA CABANG GUNUNG TERANG LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK NADYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan usaha perusahaan umumnya dan bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang ditetapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Strategi pemasaran seperti apa yang dilakukan BMT Ar-Rahmah Jaya Mulia dalam meningkatkan jumlah nasabah dalam pembiayaan murabahah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriftif dengan data primer dan sekuder metode pengumpulan data yang digunakan yaitu interview, observasi dan dokumentasi. Strategi yang diterapkan oleh BMT Ar�rahmah Jaya Mulia dalam memasarkan produk murabahah adalah dengan menggunakan jenis-jenis pemasaran (direct seling, earned media, poin of purchase, dan internet marketing) strategi direct seling merupakan jenis stratgi pemasaran dimana penjual akan menjual secara langsung produknya kepada konsumen, strategi earned media dilakukan dengan membangun hubungan dan kepercayaan dengan masyarakat. Sehingga pemasar perlu membangun brand dan membentuk image yang baik melalui media social, strategi poin of purchase merupakan strategi pemasaran dengan cara menempatkan material marketing atau iklan produk yang sedang dipromosikan, dan strategi internet marketing strategi pemasaran ini akan berjalan dengan lancer jika pemasar bias membuat konten yang menarik pembeli. Selainitu BMT BMT Ar-rahmah jaya Mulia cabang Gunung terang Lampung Timur juga menerapkanbauran pemasara (marketing mix) yang terdiri dari strategi produk, harga, tempat/distribusi, dan promosi. Strategi produk ditunjukan dengan produk unggulan yaitu produk pembiayaan murabahah. Penetapan harga yang sesuai dengan kemampuan nasabah yaitu dengan sistem bagi hasil, strategi tempat dimana BMT Ar-rahmah jaya Mulia cabang Gunung terang Lampung Timur terletak dipinggir jalan raya utama, berada di sekitar lingkungan warga, dan berada di depan pasar. Strategi promosi yang digunakan adalah dengan priklanan, penjualan pribadi, dan publisitas. Penggunaan strategi bauran pemasara (Marketing Mix) ini sangat efektif dan dapat meningkatkan jumlah nasabah setiap tahunnya. Kata kunci: Strategi Pemasaran, dan Pembiayaan Murabahah iii ABSTRACT Marketing strategy has a very important role for the success of the company's business in general and the field of marketing in particular. In addition, the marketing strategy set must be reviewed and developed in accordance with market developments and the market environment. The problem in this study is what kind of marketing strategy BMT Ar-Rahmah Jaya Mulia has done in increasing the number of customers in murabahah financing. This research is a field research with a qualitative approach and is descriptive with primary data and a series of data collection methods used, namely interviews, observations and documentation. The strategy applied by BMT Ar�rahmah Jaya Mulia in marketing murabahah products is to use types of marketing (direct seling, earned media, points of purchase, and internet marketing). Direct counseling strategy is a type of marketing strategy where sellers will sell their products directly to consumers, earned media strategies are carried out by building relationships and trust with the community. So marketers need to build a brand and form a good image through social media, the point of purchase strategy is a marketing strategy by placing marketing materials or advertising products that are being promoted, and this internet marketing strategy marketing strategy will run smoothly if marketers can create content that attracts buyers. In addition, BMT BMT Ar�rahmah jaya Mulia Gunung terang East Lampung branch also applies a marketing mix consisting of product strategies, prices, places/distribution, and promotions. The product strategy is shown by a superior product, namely murabahah financing products. Pricing that is in accordance with the customer's ability is with a profit�sharing system, a place strategy where BMT Ar-rahmah jaya Mulia Gunung terang East Lampung branch is located on the edge of the main highway, around the neighborhood of residents, and is in front of the market. The promotional strategy used is advertising, personal selling, and publicity. The use of this marketing mix strategy is very effective and can increase the number of customers every year. Keywords: Marketing strategy, and murabahah financing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:45
Last Modified: 24 Jul 2023 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29023

Actions (login required)

View Item View Item