PENGARUH LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK MAKANAN SIAP SAJI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konsumen Bakso Ali Di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung)

Asya, Chaterin Vena Adias (2023) PENGARUH LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK MAKANAN SIAP SAJI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konsumen Bakso Ali Di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ASYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan pesatnya perkembangan media saat ini, arus informasi yang diperoleh konsumen akan semakin banyak dan dapat pula mempengaruhi pola konsumsi konsumen. Labelisasi halal merupakan label yang mengimformasikan kepada konsumen produk yang berlabel tersebut, bahwa produk tersebut benar-benar halal dan bahan-bahan yang dikandungnya tidak mengandung unsur-unsur yang diharamkan secara syariah sehingga produk tersebut dapat dikonsumsi oleh konsumen. Dengan pemahaman yang semakin baik tentang agama membuat konsumen muslim menjadi semakin selektif dalam memilih produk yang akan dikonsumsi. Pokok masalah penelitian ini adalah Bakso Ali di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung merupakan salah satu restoran yang berstatus ada labelisasi halal tetapi pembeli muslim sebagian membeli produk di bakso Ali dipengaruh oleh faktor lain seperti harga, bukan karena label halalnya. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui apakah labelisasi halal dan harga berpengaruh positif dan signifikasikan terhadap keputusan pembeli produk Bakso Ali di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal dan harga terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk makanan siap saji dalam perspektif ekonomi islam (studi pada konsumen Bakso Ali di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung). Sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang didapatkan melalui kuesioner yang disebar kepada kosnumen Bakso Ali di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung. berdasarkan sampel yang berjumlah 100 responden dengan menggunakan analisis regresi berganda, menunjukkan bahwa baik dari labelisasi halal dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk makanan siap saji oleh konsumen Bakso Ali di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung. Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa label halal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pembelian terhadap produk indomie ditunjukkan dengan tingkat signifikan 0.000 < 0.05. Hasil penelitian uji t menunjukkan harga produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk, ditunjukkan dengan tingkat signifikan 0.000 < 0.05. Hasil uji F menunjukkan bahwa labelisasi halal dan harga menpunyai hubungan dan secara serentak (simultan) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk makanan siap saji. Pengaruh label halal dan harga dengan keputusan membeli produk makanan siap saji melalui uji koefisien (Adjusted R2 ) dengan nilai sebesar 0.624 atau 62.4%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa labelisasi halal dan harga adalah faktor yang paling penting yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Kata Kunci : Label Halal, Harga, Keputusan Pembelian. ABSTRACT Along with the rapid development of today's media, the flow of information obtained by consumers will be more and more and can also affect consumer consumption patterns. Halal labeling is a label that informs consumers of the labeled product that the product is truly halal and the ingredients it contains do not contain elements that are prohibited by sharia so that the product can be consumed by consumers. With a better understanding of religion, Muslim consumers become more selective in choosing products to be consumed. The main problem of this research is that Bakso Ali in Sukarame District, Bandar Lampung City is one of the restaurants with halal status, but some Muslim buyers buy products at Ali Bakso which are influenced by other factors such as price, not because of the halal label. Therefore the author wants to know whether halal labeling and price have a positive and significant effect on the decision of buyers of Bakso Ali products in Sukarame District, Bandar Lampung City. This study aims to determine the effect of halal labels and prices on consumer decisions in purchasing ready-to-eat food products in an Islamic economic perspective (studies on Bakso Ali consumers in Sukarame District, Bandar Lampung City). The sample in this study used a purposive sampling technique. The data used in this study are primary data obtained through questionnaires distributed to Bakso Ali consumers in Sukarame District, Bandar Lampung City. based on a sample of 100 respondents using multiple regression analysis, indicating that both halal labeling and price have a positive and significant effect on the decision to purchase ready-to-eat food products by Bakso Ali consumers in Sukarame District, Bandar Lampung City. The results of the t-test study show that the halal label partially has a significant effect on purchases of Indomie products indicated by a significant level of 0.000 <0.05. The results of the t-test research show that product prices partially have a significant effect on product purchasing decisions, indicated by a significant level of 0.000 <0.05. The results of the F test show that halal labeling and price have a relationship and simultaneously (simultaneously) have a positive and significant influence on the decision to purchase ready-to-eat food products. The effect of halal labels and prices on the decision to buy ready-to-eat food products through a coefficient test (Adjusted R2) with a value of 0.624 or 62.4%. Therefore, it can be concluded that halal labeling and price are the most important factors influencing consumer purchasing decisions. Keywords: Halal Label, Price, Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:47
Last Modified: 24 Jul 2023 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29021

Actions (login required)

View Item View Item