TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP AKAD IJARAH PEMASARAN DIAMOND LOCK DENGAN MENGGUNAKAN JASA ENDORSEMENT PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Kasus Di Akbar Lian Official Bandar Lampung)

OKTA, MELISA (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP AKAD IJARAH PEMASARAN DIAMOND LOCK DENGAN MENGGUNAKAN JASA ENDORSEMENT PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Kasus Di Akbar Lian Official Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI OKTA MELISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pada umumnya, endorsement merupakan sebuah bentuk promosi untuk mengenalkan suatu produk atau brand yang dilakukan oleh pelaku usaha dengan celeberity yang memiliki banyak followers di akun media sosialnya yang di sebut TikTokers. Terkadang banyak kecurangan yang dilakukan oleh TikTokers dalam melakukan sebuah promosi produk supaya penjualan produk sesuai apa yang diharapkan oleh pengguna jasanya (target). Contoh lain adalah ketika TikTokers Akbar Lian Official melakukan live penjualan Diamond Lock di aplikasi TikTok, tapi ketika waktu pembayaran fee di waktu yang telah ditentukan, pelaku usaha yang menggunakan jasa ini rupanya telah menutup toko online-nya tanpa konfirmasi terlebih dahulu kepada Akbar Lian Official selaku Endorsement, sehingga pihak TikTokers merasa dirugikan dalam hal waktu, kuota dan lain sebagainya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktik Akad Ijarah dalam pemasaran dengan menggunakan jasa Endorsement TikTok yang terjadi di Akbar Lian Official Dan Bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Akad Ijarah dalam pemasaran dengan menggunakan jasa Endorsement TikTok yang terjadi di Akbar Lian Official. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana praktik Akad Ijarah dalam pemasaran dengan menggunakan jasa Endorsement TikTok yang terjadi di Akbar Lian Official dan untuk mengetahui bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Akad Ijarah dalam pemasaran dengan menggunakan jasa Endorsement TikTok yang terjadi di Akbar Lian Official. Penelitian ini termasuk penelitian field research, yaitu penelitian yang datanya diperoleh langsung dari Akbar Lian official dan bahan-bahan literatur tertulis. Analisis data yang diperoleh dilakukan dengan cara analisis kualitatif yaitu analisis kualitatif yang dipergunakan untuk aspek-aspek normatif (yuridis) melalui metode yang bersifat deduktif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Praktik akad ijarah dalam pemasaran diamond lock di Akbar Lian official tidak berjalan baik, karena didalam kontrak perjanjiannya tidak tertulis secara iii legalitas dan tidak bersifat mengikat hanya disampaikan melalui pesan singkat instagram. Sehingga hanya rasa kepercayaan saja yang dibutuhkan ketika ber-akad kedua belah pihak. Hal itu didasari oleh banyaknya jumlah pengikut di aplikasi TikTok. Akad Ijarah dalam pemasaran yang dilakukan oleh Akbar Lian Official di aplikasi TikTok belum sesuai dengan prinsip Hukum Ekonomi Syariah karena masih terdapat resiko kerugian dan keuntungan yang tidak memiliki kepastian dimana masih terdapat beberapa hal yang menimbulkan ketidakjelasan. Kata Kunci: Akad Ijarah, Diamond Lock, Endorsement, TikTok

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:01
Last Modified: 21 Jul 2023 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29008

Actions (login required)

View Item View Item