PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI MTs NEGERI DI BANDAR LAMPUNG

Tiara, Yuli Aldina (2023) PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI MTs NEGERI DI BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover Bab 1-2 Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Tesis Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kepuasan kerja merupakan salah satu faktor terpenting untuk memperoleh hasil kerja yang terbaik. Saat seseorang merasa puas dengan pekerjaannya, maka akan mencintai pekerjaannya dan berusaha menyelesaikan pekerjaannya sebaik mungkin. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja, diantaranya keterampilan manajerial kepala madrasah dan pengembangan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru; (2) Untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh pengembangan karir terhadap kepuasan kerja guru; (3) Untuk menganalisis apakah keterampilan manajerial kepala sekolah dan pengembangan karir secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan sebanyak 160 orang, dan sampel penelitian 114 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tahap uji prasyarat analisis melalui penggunaan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Sebelum menggunakan regresi linier berganda, digunakan beberapa asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh keterampilan manajerial kepala madrasah terhadap kepuasan kerja sebesar 0.258 atau 25,8%, Pengaruh pengembangan karir terhadap kepuasan kerja sebesar 0,278 atau 27,8%, dan pengaruh keterampilan manajerial kepala madrasah, pengembangan karir terhadap kepuasan kerja sebesar 0,897 atau 89,7%. Sisanya 10,3% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini menunjukan bahwa jika keterampilan manajerial kepala madrasah dan pengembangan karir semakin baik, maka kepuasan kerja guru pun akan meningkat dan tercapainya visi akan berdampak bagi keberhasilan disekolah. Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Keterampilan Manajerial, dan Pengembangan Karir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:12
Last Modified: 21 Jul 2023 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29000

Actions (login required)

View Item View Item