SALSABILA, MALIK (2023) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU KELAS XI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penulis mengambil judul upaya guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan disiplin belajar dengan layanan konseling individu kelas XI Peserta didik di SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui gambaran disiplin belajar dengan layanan konseling individu kelas XI Peserta didik di SMA Negeri 1 Bandar Lampung 2) Untuk mengetahui langkah – langkah yang dilakukan guru BK dalam disiplin belajar dengan layanan konseling individu kelas XI Peserta didik di SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Peneliti ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengetahui apa yang sudah menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Gambaran disiplin belajar kelas XI Peserta didik di SMA Negeri 1 Bandar Lampung Disiplin belajar yang kurang dalam disiplin belajar peserta didik yakni SN, TG, CR karena Absensi tanpa keterangan, Terlambat kesekolah, dan Tidak mengerjakan tugas. 2) Langkah – langkah yang dilakukan guru BK dalam disiplin belajar dengan layanan konseling individu kelas XI Peserta didik di SMA Negeri 1 Bandar Lampung Upaya yang dilakukan oleh guru BK berupa konseling individu dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik. Adapun beberapa tahapan yang dilakukan dalam konseling individu yaitu tahap awal, tahap pertengahan (tahap kerja), tahap akhir konseling (tahap tindakan atau tahap penutup). Dari gambaran disiplin belajar peserta didik maka guru BK melakukan upaya layanan konseling individu, layanan ini dilakukan dengan beberapa langkah dari beberapa langkah ini maka konseling individu telah dilakukan dengan lancar. Kata kunci: Konseling individu, Disiplin belajar iv ABSTRACT The author takes the title guidance and counseling teachers' efforts to improve learning discipline with individual counseling services for class XI students at SMA Negeri 1 Bandar Lampung. The purpose of this study 1) To find out the description of learning discipline with individual counseling services for class XI students at SMA Negeri 1 Bandar Lampung 2) To find out the steps taken by the counseling teacher in learning discipline with individual counseling services for class XI students at SMA Negeri 1 Bandar Lampung. This researcher is a descriptive qualitative research with data collection methods through interviews, observation, and documentation to find out what has become the problem formulation in this study. The results of this study show that 1) The des cription of learning discipline in class XI students at SMA Negeri 1 Bandar Lampung Lack of learning discipline in student learning discipline, namely SN, TG, CR due to absenteeism without explanation, being late for school, and not doing assignments. 2) The steps taken by the counseling teacher in learning discipline with individual counseling services for class XI students at SMA Negeri 1 Bandar Lampung. The efforts taken by the counseling teacher are in the form of individual counseling in improving student learning discipline. The several stages carried out in individual counseling are the initial stage, the middle stage (work stage), the final stage of counseling (action stage or closing stage). From the description of student learning discipline, the counseling teacher makes individual counseling service efforts, this service is carried out with several steps from these steps, individual counseling has been carried out smoothly. Keywords: Individual counseling, Discipline of study
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 04:07 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 04:07 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28995 |
Actions (login required)
View Item |