EFEKTIVITAS KONSELING KOGNITIF PERILAKU DALAM MENANGANI GANGGUAN KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs N 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Sari, Marina (2018) EFEKTIVITAS KONSELING KOGNITIF PERILAKU DALAM MENANGANI GANGGUAN KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs N 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_MARINA.pdf] PDF
Download (66MB)

Abstract

Media sosial sebagai sarana penghapus batasan-batasan dalam bersosialisasi yang tidak terpaut ruang dan waktu. Gangguan kecanduan media sosial yang terjadi pada peserta didik kelas VII MTs N 1 Bandar Lampung berpengaruh pada penurunan daya serap peserta didik pada materi pembelajaran yang diberikan oleh guru dan minat belajar peserta didik juga mengalamai penururnan. Rumusan masalah yang diajukan adalah apakah konseling kognitif perilaku efektif dalam menangani gangguan kecanduan media sosial pada peserta didik kelas VII MTs N 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017?. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa efektivitas konseling kognitif perilaku dalam menangani gangguan kecanduan media sosial pada peserta diidk kelas VII MTs N 1 Bandar Lampung dan untuk memberikan informasi kepada peserta didik dampak negatif dari gangguan kecanduan media sosial melalui layanan konseling kognitif perilaku. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Desaign dengan bentuk one group pretest-posttest, penelitian ini membandingkan keadaan sampel sebelum dan sesudah diberikan treatment. Subyek penelitian kelas VII MTs N 1 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 15 peserta didik. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner dampak negatif dan positif kecanduan media sosial yang teridri dari 20 pernyataan yang dikembangkan berdasarkan teknik penyusunan skala Likert. Hipotesis menggunakan uji tes- t, dengan taraf signifikansi 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan bantuan SPSS Versi 17.00 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 4.136 > ttabel = 2.048. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media sosial memberikan dampak negatif ketergantungan yang menyebabkan peserta didik kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran. Eektifitas konseling kognitif perilaku ditandai dengan meningkatnya pemikiran positif dan menurunnya pemikiran negatif pada diri peserta didik yang diakibatkan keterganguangan seperti merasa asyik dengan internet, perlu tambahan waktu menggunakan internet, tidak mampu mengontrol penggunaan internet, merasa gelisah dan lekas marah, mengakses internet lebih lama, kehilangan orang terdekat, membohongi orang sekitar, dan menggunakan internet sebagai jalan keluar. Hal ini dapat dilihat pada perbandingan nilai pretest-dan postest. Kata kunci: Bimbingan, Konseling Kognitif Perilaku, Kecanduan Media Sosial, Dampak Negatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 03:06
Last Modified: 09 Jan 2018 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2899

Actions (login required)

View Item View Item